Efektivitas Penggunaan Media Buku Alfabet Terhadap pengenalan Usia Dini Di Taman Kanak–kanak Bundo Kanduang Nagari Sibarambang Kecamatan X Koto Diatas

Authors

  • Sakinah Putria Agustina unversitas negeri padang
  • Indra Yeni

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.752

Keywords:

Media Buku Alfabet, Pengenalan Huruf, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan seberapa efektif media buku alfabet terhadap pengenalan huruf pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak –Kanak Bundo Kanduang Nagari Sibarambang Kecamatan X Koto Diatas. Penelitian ini di latar belakangi bahwa kemampuan dalam mengenal huruf masih kurang optimal. Dimana anak masih kesulitan dalam membedakan huruf vocal dan huruf konsonan. Jenis penelitian adalah jenis penelitian kuantitatif  dengan metode quasi Ekperimen. Sampel dalam penelitian ini masing –masing berjumlah 10 orang anak. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dengan bantuan komputerisasi SPSS 21. Hasil penelitian menjelaskan  bahwa variasi data N-gain untuk kelas eksperimen dengan menggunakan media buku alfabet dan kelas kontrol menggunakan media poster huruf adalah homogeny. Kemudian berdasarkan tabel diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,219 > 0,05, terdapatnya perbedaan yang signifikan antara penggunaan media buku alfabet dan kelas kontrol menggunakan media poster huruf sebesar 25,64 sehingga tingkat perbedaannya tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan efektifitas yang signifikan antara penggunaan media buku alfabet dengan perlakuan yang diberikan oleh guru dalam pengenalan pengenalan huruf pada anak usia dini.

References

Alwi, B.M. 2018. Manajemen Peserta Didik Pada Taman Pendidikan Ank Usia Dini Do’a Ibu. Journal Of Early Childhood Education,. 1(1), 53-62.

Eliza, Delfi. 2015. Reading Readiness of Kindergarten Students At-Taqwa Mosque East Jakarta. Indonesian Journal Of Early Childhood Education Studies. 3(1), 1-6

Maimunah, H. 2009. PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press

Muflikha, Elok Siti. 2013. Peningkatan kemempuan mengenalhuruf melalui media tutup botol hias di Paud Kenanga I Kabupeten Pesisir Selatan. Jurnal SPEKTRUM PLS. Vol.1 No.1

Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.

Tadkiroatun Musfiroh. 2009. Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Muryanti, E.,& Herman, Y.( 2019). Introducing English Vocabularies To Children By Perahu Play. Elp( Journal Of English Language Pedagogy), 4( 2), 27- 33. https: atau atau kekasih. org atau 10. 36665 atau elp. v4i2. 195.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Agustina, S. P., & Yeni, I. . (2023). Efektivitas Penggunaan Media Buku Alfabet Terhadap pengenalan Usia Dini Di Taman Kanak–kanak Bundo Kanduang Nagari Sibarambang Kecamatan X Koto Diatas. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 115–121. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.752