Pengaruh Video Animasi Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.767Keywords:
video animasi, menyimak, anak usia diniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi anak kurang mampu menyimak cerita dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap keterampilan menyimak anak usia dini di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kecamatan Lubuk Pinang Mukomuko Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu kelas B1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data mengunakan tes, berupa 7 butir pernyataan dan teknik analisis data menggunakan uji Normalitas, uji Homogenitas, uji Hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS 22 For Windows. Hasil dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas pada pre-test dan hasil post-test berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya berdasarkan uji-t pada pre-test diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,740 > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak, disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan menyimak anak pada kelas kontrol dan eksperimen sebelum dilakukan treatment. Selanjutnya pada uji-t hasil post-test diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,003 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media video animasi dalam mengembangkan keterampilan menyimak anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kecamatan Lubuk Pinang Mukomuko Bengkulu Tahun Ajaran 2022/2023.
References
Antonius, Porat. 2018. Memahami Aspek Mental dan Neurologis Berbahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Aziza, N., Herlina, H., & Asti, A. S. W. (2021). Pengaruh Video Media Dongeng Terhadap Pengembangan Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Mentari Kabupaten Takalar. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 26–37. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol3.no02.a4248
Hidayati, R., & Andajani, S. J. (2013). MEDIA AUDIOVISUAL PEMBELAJARAN HURUF TERHADAP. 1–5.
Jalango, Mary Renck. 2014. Early Childhood Language Art Sixth edition. USA: Pearson Education, Inc
Munar, A. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.13207
Prihatin, Y. (2017). Problematika Keterampilan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Robia Khaerudin, I., Senja Wiraning, N. F., & Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Unswagati Cirebon, D. (2015). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS X (STUDI PENELITIAN EKSPERIMEN SEMU DI SMA NEGERI 1 PALIMANAN KAB.CIREBON) Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Unswagati Cirebon 2) (Vol. 3, Issue 2).
Sari, L. P., Padang, U. N., Artikel, I., Takut, S. G., Terkabul, A., Itu, B., Hebat, I., Ilmu, A. S., Pahlawanku, A., & Air, M. (2022). Pengaruh Film Animasi Nussa Terhadap Empati Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. 6, 83–97.
Sukiyasa, 1kadek, 1smkn, 2sukoco, -Bali, S., & Yogyakarta, N. (2013). PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF (Vol. 3, Issue 1).
Suryana, D., & Hijriani, A. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077–1094. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1413
Talango, S. R. (2020). Konsep Perkembangan Anak Usia Dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Tarigan, Hendry Guntur. 2015. Menyimak Suatu Ketersmpilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wijaya, Brilian. 2020. Islamic Montessori. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Al Uswah
Wildawati, U. N., Syamsuardi, U. N., & Rusmayadi, U. N. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media. 03(01), 43–60.
Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.