Pengaruh Teknik Tarik Benang Terhadap Kemampuan Menggambar Di Taman Kanak-kanak
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.768Keywords:
Kata Kunci : Anak usia dini, kemampuan menggambar, teknik tarik benangAbstract
Penelitan ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan menggambar anak usia 5-6 tahun dan penggunaan kegiatan yang kurang kreatif oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh teknik tarik benang terhadap kemampuan menggambar anak di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan. Kemampuan menggambar anak yang akan diteliti adalah kemampuan memilih warna, menggambar sederhana, menggambar bebas dengan berbagai media, memahami simbol gambar dan menuangkan imajinasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Populasi penelitian adalah 35 orang anak Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling anak kelas B1 dan kelas B2, masing-masing kelas berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 7 butir item. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan meanyang diperoleh kedua kelompok, yaitu meandari keompok kelas eksperimen sebesar 21,50 sedangkan mean dari kelas kontrol 18,80. Pada pengujian independent sampel t test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,021. Nilai t kurang dari 0,05 (0,021<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam teknik tarik benang terhadap kemampuan menggambar anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Putih Asri Kamboja Sumedang Pesisir Selatan.
References
Aini, S. R. (2021). Pengembangan Kompetensi Seni Dalam Pembelajaran Di Tk Diponegoro 95 Teluk Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas.
Aisyah, Siti Dkk. 2018. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Tangerang Selatan:Universitas Terbuka.
Daulay, & Simatupang. (2020). Pengaruh Kegiatan Melukis Dengan Benang Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Medan Bromo. Bunga Rampai Uisa Emas, 6(2), 16–22.
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal,. 1(1), 60–71.
Jamilah. (2020). Penerapan Kegiatan Menggambar Untuk Mengembangkan Motorik Anak Di Ra Assyifa Medan Johor Jamilah. Jurnal Ansiru PAI, 4, 69–77.
Lovewenfeld, V. & Brittam, L. W. 1982. Creative and Mental Growth. London: MacMillan.
Mayar, Farida. (2021). Menggambar Melalui Ekspresi Bebas Bagi Anak Usia Dini. Yogyakarta:Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Mukalipah. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penerapan Metode Penemuan Terbimbing Peserta Didik Kelompok B3 Tk Negeri Pembina Mataram. 2, 189–204.
Nuryani, W. (2019). Hubungan antara Kegiatan Usap Abur dengan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini.
Sari, A. H. (2020). Studi Kasus Strategi Guru Dalam Kegiatan Menggambar Untuk Pengembangan Seni Rupa Anak. Http://Jurnal.Upmk.Ac.Id/Index.Php/Pelitapaud, 4(2), 150–155.
Sari, F. P., & Snd, R. B. (2020). Tinjauan Kemampuan Menggambar Menggunakan Pola Pada Anak Di Tk B Ra Al-Fazwa Deli Serdang Abstrak. Gorga:Jurnal Seni Rupa. 9(1).
Sit, Masganti, dkk. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori Dan Pratik. Medan:Perdana Publishing.
Wahyuni, R. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual. Jurnal Tuas Siliwangi. 4(1).
Zahroh, R. S. (2021). Implementasi Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini. Loka Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo “Pengembangan Potensi Anak Usia Dini” Tahun 2021., 63–75.
Zarkasi, S., & Suwasono, B. T. (2020). Penciptaan Karya Seni Rupa Abstraksi Wajah Togog Dan Topeng Bujang Ganong Dengan Teknik Cbt (Cetak Benang Tarik). Acintya Jurnal Penelitian Seni Budaya, 11(2), 139–150. https://doi.org/10.33153/acy.v11i2.2756