Pengaruh Kegiatan Kolase Menggunakan Kerang Berwarna Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Nazifa Aisy Universitas Negeri Padang
  • Rakimahwati Rakimahwati

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.774

Keywords:

Kolase kerang berwarna; Kreativitas anak

Abstract

Kegiatan kolase menggunakan kerang berwarna ialah salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan perkembangan kreativitas pada anak usia dini. Penelitian ini tujuannya guna mengetahui pengaruh kegiatan kolase menggunakan kerang berwarna terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan ialah menggunakan desain Quasi Eksperimen yaitu desain non-equivalent control group desain. Teknik pengumpulan data yakni observasi atau pengamatan secara langsung. Populasi penelitian ini yakni seluruh peserta didik di TK Adzkia Air Bangis. Sedangkan sampel pada penelitian ini ialah kelompok B1 dan B2 TK Adzkia Air Bangis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dari kegiatan kolase menggunakan kerang berwarna terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini di TK Adzkia Air Bangis. Hal ini berdasarkan pada perolehan rata-rata pre-test serta post-test kelas eksperimen yaitu 13,37 serta 16,46. Sedangkan  perolehan nilai rata-rata pre-test serta post-test di kelas kontrol yaitu 12,60 serta 15,09. Hasil perolehan uji hipotesis menggunakan uji independent sample test didapat nilai sig (2 tailed) yakni 0,000 < 0,05. Dengan demikian bisa disimpulkan jika kegiatan kolase menggunakan kerang berwarna berpengaruh terhadap perkembangan kreativitas anak usia dini.

References

Abubakar, S., Kadir, M. A., Serosero, R. H., Subur, R., Widiyanti, S. E., Susanto, A. N., Rina, & Asrining P, R. T. (2021). Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Untuk Produk Kerajinan Tangan Masyarakat Pesisir. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 42–49. https://www.jppipa.unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/1010

Fahira, N., Drupadi, R., & Syafrudin, U. (2021). Pengaruh Kolase terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Ira Permatasari, Sapri, N. K. (2017). Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kolase Berbasis Alam Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Kemampuan Motorik Halus. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 98–110.

Lydia Ersta Kusumaningtyas, S. B. (2018). Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kolase Dari Ampas Kelapa Pada Anak Tk Kelas B Usia 5-6 Tahun. Jurnal Audi, 2(2), 76–82. https://doi.org/10.33061/ad.v2i2.1972

Mulyani, N. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(2), 125.

Nelly, E., & Mayar, F. (2020). Implementasi Kolase Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Habibi Pariaman. Ensiklopedia of Journal PERANCANGAN, 2(2).

Palintan, A. T. A., & Saria. (2018). Penggunaan Media Kolase dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1–9.

Raihana, R. (2018). Urgensi Sekolah Paud Untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Generasi Emas, 1(1), 17. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2251

Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., & Armayanti, R. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Pengembangan Teori dan Praktik. In Perdana Publishing.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak). Prenamedia Group.

Ulfa, F. A. dan M. (2018). Pengaruh Kegiatan Kolase Dengan Menggunakan Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak kelompok A di TK Hidayatullah Lidah Kulon Surabaya. Header halaman genap: Nama Jurnal Teratai, 7(2).

Varmawati, Fakhriah, & Rosmiati. (2020). Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kolase Bahan Alam Di Tk Al Washliyah Alue Naga Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(2), 59–68.

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.

Yulianto, Nurjannah, & Haq, M. Z. (2018). Pengembangan Kreativitas Melalui Musik Pada Anak Usia Dini Studi Kasus di TK ABA Pringwulung Sleman Yogyakarta. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Aisy, N., & Rakimahwati, R. (2023). Pengaruh Kegiatan Kolase Menggunakan Kerang Berwarna Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 50–55. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.774