Pengaruh Penggunaan Media Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak

Authors

  • Fadillah Elkhusnah Universitas Negeri Padang
  • Indrayeni Indrayeni

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.778

Keywords:

Media bahan alam, kreativitas, taman kanak-kanak.

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna melihat pengaruh penggunaan media bahan alam terhadap kreativitas anak usia dini di Taman Kanak-kanak Bunga Tanjung Gasan Gadang. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif metode eksperimen dengan desain quasi-experimental. Populasi dalam penelitian ini ialah sebanyak 28 anak. Teknik pengambilan sampel yang dipakai ialah probabilistik sampling. Penelitian ini menggunakan tes sebagai indikator yang akan dicapai anak. Teknik analisis data dilakukan dengan membandingkan perbedaan mean dengan uji-t (t-test). Berdasar hasil analisis data serta pembahasan yang dibahas dalam bab sebelumnya, terjadi peningkatan secara keseluruhan pada kelas kontrol dengan rerata kelas kontrol untuk tes sebelumnya adalah 14,29 dan post-test sebesar 23,57. Terjadi peningkatan pengembangan kreativitas menggunakan bahan alam pada kelompok eksperimen dengan rerata keseluruhan  pre-test 19,36 serta post-test 29,29. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan jika adanya perbedaan signifikan dalam perkembangan kreativitas anak kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Besar pengaruh dari penggunaan media bahan alam terhadap perkembangan kreativitas anak didapat nilai sebesar 2,02 yang termasuk pada kategori kuat. Terdapat pengaruh yang kuat dari penggunaan media bahan alam terhadap kreativitas anak usia dini di Taman Kanak-kanak Bunga Tanjung Gasan Gadang. 

References

Hurlock B. Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Penerbit Erlangga. Hal 4.

Mela, Herni. 2018. “Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Bahan Alam di TK Hidayatullah Skarame Bandar Lampung”. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Islam Raden Intan. Lampung.

Nisa, Ririn Muthiatun. 2017. Kreativitas Dalam Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 6. No 2. Hal 263. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/59-137-1-PB.pdf

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Hal 147.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. Hal 65.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: RinekaCipta.http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=94913

Rikhanatul, Janah. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Cut Nyak Dien Gendingan Kependudukan Tulungan”. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Tulungagung.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Elkhusnah, F., & Indrayeni, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Bahan Alam Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 97–105. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.778