Efektivitas Kolase Dengan Bahan Alam Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak di taman Kanak-kanak Al-Irsyad Pahambatan Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.782Keywords:
kolase, bahan alam, anak usia dini, motorik halusAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas kegiatan kolase dengan bahan alam dalam mengembangkan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Al Irsyad Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksprimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Al Irsyad Pahambatan, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas B2 sebagai kelas eksperimen dengan 17 anak dan kelas B1 sebagai kelas kontrol dengan 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pretest dan posttest dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan bantuan komputerisasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian berdasarkan analisis data, pada uji normalitas diperoleh data di kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Pada tabel uji homogenitas diperoleh nilai sebesar 0,874, dan dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh bersifat homogen. Pada uji hipotesis diperoleh nilai sig (2 tailed) adalah sebesar 0,024 < 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kegiatan kolase dengan bahan alam efektif digunakan dalam mengembangkan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Al Irsyad Pahambatan Kabupaten Agam.
References
Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 25–34.
Handayani, S., & Suharno, Y. (2018). Pengaruh Aktivitas Kolase Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain di TK Pembina Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 38–53. http://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/index
Hariyanto. (2019). Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Bahan Alam Pada Kelompok B TK PGRI Temanggung. Jurnal AUDI, 4(1). http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3025
Hurlock, E. B. (2012). Perkembangan Anak (Alih Bahasa: dr Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih). Penerbit Erlangga.
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2).
Mayar, dkk. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Kreativitas Seni Rupa Menempel Kolase, Mozaik, dan Montase). PT. Raja Grafindo Perdasa.
Nurkhasanah, S. (2017). Kolase Bahan Alam. Abadimas Adi BBuana, 02(2), 35–40.
Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 106–117.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 04, 41–47.
Rozalena, & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran PAUD Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 76–86.
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Depsiknas Dikti.
Sunardi, O. (2017). Pengaruh Menggambar Dekoratif Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Pada PAUD Mutiara Insani Kecamatan Langkapura Bandar Lampung.
Suryana, D. (2018). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenamedia Group.
Susanto, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini. Bumi Aksara.
Syakir, M., & Verayanti, S. (2013). Kreasi Kolase, Montase, Mozaik. Erlangga.