Pengaruh Media STIKMA (STIK Matematika) Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak- kanak Bina Karya Kabupaten Pasaman Barat

Authors

  • Putri Juliana Universitas negeri padang
  • Nur Hazizah

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.784

Keywords:

Matematika Awal Anak; Media Stikma

Abstract

Kemampuan matematika awal anak sangat rendah dikarenakan minmnyaa kreatifitas guru dalam menciptakan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya metode tanya jawab serta pemberian tugas saja khususnya dalam pembelajaran matematika awal anak. Tujuan untuk peningkatan kemampuan matematika awal anak usia 5-6 tahun dengan media stikma di Taman Kanak-kanak Bina Karya Kabupaten Pasaman Barat.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk Quasi Ekspeimen. Subjek yang digunakan adalah semua anak berjumlah 32 orang anak yang meliputi dua kelas yakni kelas B1 sebagai kelas eksperimen serta kelas B2 sebagai kelas kontrol yang disetiap kelas terdiri dari 16 anak. Analisis data penelitian ini dengan teknik kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian dengan menggunakan media stikma anak mampu meningkatkan kemampuan matematikanya dikarena media stikma membuat anak tidak mudah merasa bosan dan merasa bersemangat untuk melakukan pembelajaran. Media stikma merupakan media yang mudah dibuat dan dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya pembelajaran matematika awal anak usia dini karena bahan yang digunakan bisa ditemui di kehidupan sehari-hari anak seperti gelas plastik, stik eskrim dan kertas karton warna warni. Hasil penelitian ini juga menunjukkan jika adanya pengaruh atau peningkatan dalam meningkatkan kemampuan awal anak hal tersebut bisa dilihat dari nilai rata-rata yang didapatkan anak disetiap kelasnya, yakni pre-test kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata 12,88 serta nilai rata-rata post-test 18.19. Sedangkan kelas kontrol anak mempunyai nilai rata-rata pre-test 12,44 serta rata-rata post-test yaitu 14.31. Kesimpulannya yaitu kemampuan matematika awal anak di kelas eksperimen (B1) dengan media stikma lebih tinggi dibandingkan pada kelompok kontrol (B2) dengan media lembar kerja anak (LKA).

References

Dariyanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dhieni, N & Dkk. (2021). Pelatihan Merancang Kegiatan Dan Alat Permainan Edukatif Untuk Metematika Awal. Jurnal Panrita Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 5, Issue 2. April 2021.

Dhiu, K. D., & Dkk. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jawa Tengah: Pt. Nasya Expanding Management.

Endarmoko. (2007). Tesamoko Tesaurus Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Frindani, L., Gandasari, N. & Widiastuti, W. (2019). Early Childhood Teacher Voices For Excellence In Teching Practice. Early Childhood Education In The 21th Century. Proceedings O The 4 Th International Conference On Early Childhood Education (ICECE 2018), November 7, 2018, Bandun: Punlisher Routlege.

Hazizah, Nur. (2014). Peningkatan Kemampuan Matematika Awal Melalui Stategi Pembelajaran Kinestetik. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol. Edisi 2, November 2014.

Hidayati. (2012). Pembelajaran Matematika Usia Sd/ Mi Menurut Teori Belajar Piaget. Cendekia Vol. 10, No 2.

Juniati, Winda & Nur Haziziah. (2020). Permainan Sorting Color Dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra-Matematika Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. Vol. 04 No. 1, Juni 2020, Hal. 145.

Mukhtar. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Pratiwi, W. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 2: Agustus 2017.

Syafdaningsih, Rukiyah, & Utami. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Jawa Barat. Edu Publisher.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep Dan Teori). Jakarta:Bumi Aksara.

Suyadi, & Ulfah, M. (2017).Konsep Dasar Paud. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Offset.

Utoyo. (2017). Metode Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini. Gorontalo: Ideas Publishing.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Juliana, P., & Hazizah, N. (2023). Pengaruh Media STIKMA (STIK Matematika) Terhadap Kemampuan Matematika Awal Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak- kanak Bina Karya Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(1), 88–96. https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.784