Pelaksanaan Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak (PSP) di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Curup
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.787Keywords:
Pembelajaran, Program Sekolah penggerak, Taman Kanak-kanakAbstract
pemerintah untuk dunia pendidikan berupa Program Sekolah Penggerak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di TK Negeri Pembina Curup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian berjumlah 6 informan, 1 kepala sekolah dan 5 guru. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran pada program sekolah penggerak ini menggunakan modul ajar sebagai rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran banyak menggunakan pembelajaran proyek dan hasil evaluasi pembelajaran dilaporkan kepada orang tua pada akhir semester. Semua perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya mengacu pada Capaian Pembelajaran dan Kurikulum Operasional Sekolah Penggerak (KOSP). Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran mengacu pada Capaian Pembelajaran (CP) yang telah ditentukan pemerintah baik Capaian Pembelajaran agama dan budi pekerti, Capaian Pembelajaran jati diri dan Capaian Pembelajaran Literasi dan STEAM serta Kurikulum Operasional Sekolah Penggerak (KOSP).
References
Anjelina, Winda, Nova Silvia, and Nurhizrah Gitituati. “Program Merdeka Belajar , Gebrakan Baru Kebijakan Pendidikan” 5, no. 1 (2021): 1977–1982.
Kemendikbud. “Naskah Akademik Program Sekolah Penggerak” (2020): 1–117.
Maria Melita Rahardjo, Sisilia Maryati, S.Psi. Pengembangan Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling. Vol. 53, 2021.
Rahman, Ghofar, and Purnomo Susilo Hadi. “Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda.” Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 8, no. 1 (2019): 174–177.
Sudarmiyanti, A., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2014). Pelaksanaan Pembelajaran Di Paud Alam Studi Deskriptif Kualitatif Di Paud Model Pembelajaran Alam Di Kota Bengkulu. Skripsi. (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu). http://repository.unib.ac.id/8775/ diakses 04 April 2022
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Tri, Elisabeth, Kurnianti Sudjono, and Eny Kusumastuti. “PROSES PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU YANG SEMARANG.” Jurnal Seni Tari 6, no. 2 (2017): 1–9.
Wahyuni, Fitri, and Suci Midsyahri Azizah. “Bermain Dan Belajar Pada Anak Usia Dini.” Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan 15, no. 01 (2020): 161–179.