Permasalahan Guru Taman Kanak-kanak Dalam Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Sopiah Mar'ah Daulay Universitas Negeri Padang
  • Rismareni Pransiska Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.719

Keywords:

Pengenalan bahasa inggris AUD, Permasalahan guru mengenalkan bahasa inggris AUD

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya permasalahan guru pada pengenalan bahasa inggris terhadap anak usia dini, diduga karena kurangnya pemahaman guru terhadap bagaimana mengenalkan bahasa inggris pada anak usia dini dengan baik. Penelitian ini betujuan agar mencari tahu apa penyebab permasalahan guru taman kanak-kanak dalam mengenalkan bahasa inggris pada anak usia dini.

            Jenis penelitian mamakai metode campuran (Mixed Method) yang memadukan pendekatan kuantitatif serta kualitatif, Teknik pengumpulan data yaitu pengisian angket dan wawancara terhadap 14 orang responden. Berdasarkan pengolahan data menggunakan angket bahwa guru memiliki presentasi sebanyak 2.2% pada penggunaan RPPH dengan kategori sering, penggunaan bahan ajar dalam mengenalkan bahasa inggris anak paling tinggi yaitu sering sebanyak 2%, penggunaan metode dalam mengenalkan bahasa inggris anak paling tinggi yaitu sering sebanyak 1,6%, penggunaan media dalam mengenalkan bahasa inggris anak paling tinggi yaitu selalu sebanyak 1%, dan penggunaan penilaian dalam mengenalkan bahasa inggris tidak pernah paling tinggi yaitu sebanyak 1%. Dilihat dari konten bahasa inggris penggunaan vocabulary guru dalam mengenalkan bahasa inggris anak paling tinggi yaitu selalu sebanyak 1,52%, penggunaan pronounciation dalam mengenalkan bahasa inggris anak paling tinggi yaitu sering sebanyak 1,56%. Melalui wawancara dari 14 guru dapat disimpulkan bahwa guru mengalami permasalahan dalam mengenalkan bahasa inggris pada anak usia dini aspek penilaian.

References

Astari, T.Y. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Jazulu, Ahmad (2016). Peran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan Dompet Dhuafa, Vol 6, No. 1, hal. 33-40.

Khairani, A. I. 2016. Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. Digilib.unimed.ac.id

Krisnawan, U. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang : Gunung Samudera

Samad, F., & Tidore, N. (2015). Strategi pembelajaran Bahasa Inggris yang menyenangkan untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 1(2).

Sopya, I.V. 2018. Pembelajaran Baha Inggris Melalui Lagu Pada Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(1),1

Suyadi & Ulfah, M.2013. Kosep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ulya, N., & I chan, I. (2021) Pengaruh Metode Total Physical Response pada Perkembangan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 9(2).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Seistem Pendidikan Nasional

Yusuf, M. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Mar’ah Daulay, S., & Pransiska, R. . (2023). Permasalahan Guru Taman Kanak-kanak Dalam Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(2), 156-164. https://doi.org/10.37216/aura.v3i2.719