Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Islam Istiqamah Kota Payakumbuh
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.794Keywords:
Motorik halus, membatik ecoprintAbstract
Permasalahan perkembangan motorik halus anak kerap kali dijumpai di lapangan yaitu anak masih mengalami kesulitan menggunakan jari-jemari dalam melakukan berbagai kegiatan, seperti menempel, menyusun, menggenggam, menulis, menggunting dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan oleh media yang digunakan oleh guru belum bervariasi dan bersifat monoton sehingga anak tidak tertarik mengerjakan kegiatannya. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk melihat apakah membatik ecoprint berpengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak. Kuantitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan dan menggunakan desain Quasy Eksperiment. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik Taman Kanak-kanak Islam Istiqamah kota Payakumbuh. Sampel yang akan digunakan yaitu anak kelas B1 dan B5 yang masing-masing terdiri atas 11 orang anak. Hasil penelitian memperlihatkan nilai rata-rata post test di kelas eksperimen ialah 19,09 dan kelompok kelas kontrol 16,45 yang mana nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai kelas kontrol. Kemudian pada uji hipotesis memberikan data bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,003 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa membatik ecoprint memilki pengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak di Taman Kanak-kanak Islam Istiqamah kota Payakumbuh.
References
Arifah, S. N. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Membatik Dengan Pelepah Pisang Pada Anak B Tk Dharma Wanita Gondanglegi Iii Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk. Artikel Skripsi.
Aulina, C. N. (2017). Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. In M. P. Septi Budi Sartika (Ed.), Buku Ajar Metodologi Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. UMSIDA PRESS. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-56-0
Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155. https://doi.org/https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/577
Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Kharishma, V., & Septiana, U. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint untuk Guru PAUD. Seminar Nasional: Seni, Teknologi Dan Masyarakat, 2, 183–187. https://doi.org/https://dipro.isi-ska.ac.id/index.php/SemHas/article/view/119
Nofianti, R. (2021). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (R. A. M.Pd (ed.)). Edu Publisher.
Putri, R., Maghfiroh, R., Jumiatmoko, Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kolase Bahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314–322. https://doi.org/https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/3705/2227
Rochmah, A., & Hasibuan, R. (2020). Pengaruh Kegiatan Membatik Jumputan terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A di TK Labschool Unesa. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–8. https://doi.org/https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/34962/31087
Subiyati, S., Rosyida, A., & Wartiono, T. (2021). Pelatihan Eco-Print Kain Kapas/Cotton Pada Siswa SMK Tekstil Pedan. Abdi Masya, 1(2), 41–46. https://doi.org/10.52561/abma.v1i2.124
Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (S. dan U. Rahmawati (ed.)). PT Bumi Aksara.
Wati, K. I., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Pembelajaran Membatik Menggunakan Media Tepung Pada Anak Kelompok B PAUD Aisyiyah III Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 2(2), 91–94. https://doi.org/10.33369/jip.2.2
Winarsih. (2019). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Membatik. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 1(1), 24–35. https://doi.org/http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JIIP/article/view/18010