Pengelolaan Bahan Pembelajaran dalam Literasi Sains Anak Usia Dini Menggunakan Metode Nature Outbound
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.836Keywords:
Kata Kunci : Metode Nature Outbound, bahan pembelajaran, literasi sains anak,Abstract
Abstrak
Penelitian ini berfokus kepada bagaimana pengelolaan bahan pembelajaran dalam literasi sains anak usia dini untuk metode Nature Outbound. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode study kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pengelolaan bahan pembelajaran dalam literasi sains anak usia dini menggunakan metode Nature Outbound. Data penelitian didapatkan dari hasil wawancara terstruktur, observasi dan analisis dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software Atlas.ti versi 9.0. Peserta penelitian terdiri dari 6 orang guru dari 3 sekolah PAUD yang memiliki latar belakang pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan bahan pembelajaran sains anak usia dini dengan benar dapat membantu guru dalam pencapaian suatu objektif pembelajaran dengan lebih berkesan dimana kriteria bahan pembelajaran yang digunakan adalah : 1) Benda-benda nyata, 2) aman bagi anak-anak, 3) memberikan informasi pembelajaran. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pemilihan dan pengelolaan bahan pembelajaran yang sesuai dengan aktifitas yang dijalankan dalam proses pengajaran dapat membantu guru untuk menyalurkan informasi pembelajaran sains anak usia dini dengan tepat dan efektif.
References
Aprilian, 2016. Perpaduan Konsep Islam dengan Metode Montessori dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Vol.8 No.1 61-88
Bento, G. & Dias, G. (2017). The importance of outdoor play for young children’s healthy development. Porto Biomedical Journal, 2(5), 157-160. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/art icles/PMC6806863/
Bustamante, A. S., White, L. J. & Greenfield, D. B. (2018). Approaches to learning and science education in Head Start: Examining bidirectionality. Early Childhood Research Quarterly 44: 34–42.
Chua Yan Piaw. (2014). Kaedah dan Statistik Penyelidikan. Edisi ketiga. Selangor, Malaysia: McGraw-Hill Education (Malaysia) Sdn. Bhd
Drijvers, P. (2012). Analysing qualitative data with Atlas.ti. Modul Presentation in Freudenthal Institute: (pp. 1-37). The Netherlands: Utrecht University.
Ekasatya Aldila Afriansyah. (2016). Penggunaan Software ATLAS.ti sebagai Alat Bantu Proses Analisis Data Kualitatif. STKIP Garut. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Jurnal “Mosharafa”, Volume 5. Nomor 2, Mei 2016 53. ISSN 2086 4280. http://e-mosharafa.org/
Hery Yuli Setiawan (2018) Kreativitas Pendidik Dalam Pengelolaan Kegiatan Pada Pembelajaran Saintifik Pada Implementasi Kurikulum PAUD. JURNAL AUDI Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Slamet Riyadi. Diperoleh daripada http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud 2013 tanggal 29 januari 2020.
Hincks, R. (ed). (2011). Science And Technology Outside The Classroom From Birth To Eleven. Wite, S. (2011). Children Learning Outside the Classroom. (2011). California: Sage Publications. Inc 2455 Teller Road.
Kamarul Azman Abd Salam. (2013). Penggunaan CBAM untuk menilai pengajaran Guru dalam inovasi kurikulum prasekolah. Tesis Dr. Falsafah. Fakulti Pendidikan, Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Kurnia Dewi. (2017). Penting Media Pembelajaran Untuk Anak Awal. Program Pengajian Pendidikan Islam Awal Kanak-kanak. Fakulti Tarbiyah dan Latihan Guru, UIN Raden Fatah Palembang
Noor Hanim Binti Harun, Mohd Nazri Abdul Rahman, Mohammad Asyraf Mansor, Nor Asiah Muhamad (2020). Pengurusan Pengajaran Dan Pembelajaran Berasaskan Kreativiti Orang Asli Dalam Meningkatkan Kecerdasankanak-Kanak Prasekolah. Fakulti Pendidikan, Universiti Malaya. Pusat Kelestarian dan Komuniti UMCares. Universiti Sains Malaysia
Norfaezah Binti Mohd Hamidin,Siti Nurhajariah Binti Md Isa, Awatif Binti Abdul Rahman, Idi Hamdi (2017). Pendidikan Awal Kanak-Kanak (PAKK) Di Malaysia: Kajian Literatur. Kolej Universiti Islam Antarabangsa Selangor
Norasiah, Nor Risah Jamilah, M. & Rosnah, A. (2013). Teknologi dalam Pengajaran dan Pembelajaran. (5th ed). Puchong: Penerbitan Multimedia Sdn. Bhd
Othman Lebar. (2017). Penyelidikan Kualitatif: Pengenalan terhadap Teori dan Metode (Edisi kedua). Tanjung Malim : Universiti Pendidikan Sultan Idris.
Othman Talib. (2019). Analisis Data Kualitatif dengan Atlas.ti 8. Penerangan lengkap langkah demi langkah. Universiti putra Malaysia. Serdang
Romarzila Binti Omar. (2017). Pembelajaraan Berasaskan Projek Dalam Pendidikan Sains Awal Kanak-Kanak Prasekolah. Kuala Lumpur. Tesis Dr. Falsafah. Fakulti Pendidikan, Universiti Kebangsaan Malaysia.
SCE 3102. (2011). Modul Sains Pembelajaran Sains Kanak-Kanak. Program Pensiswazahan Guru (PPG), Mod Pendidikan Jarak Jauh. Ijazah Sarjana Muda Perguruan Dengan Kepujian.
Stone, M.R. & Faulkner, G.E.J. (2014). Outdoor play in children: Associations with objectively-measured physical activity, sedentary behavior and weight status. Preventive Medicine, 65, 22-127. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2014.05.008
Thamarai Sarawahnan 2018. Teori perkembangan kognitif vigotsky dalam aspek awal sains prasekolah. Diperolehi daripada https://www.scribd.com/document/371431310/Teori-Perkembangan-Kognitif-Vygotsky-Dalam-Aspek-Awal-Sains-Prasekolah. 14 Desember 2019
Waite, S. (2017). Children Learning Outside The ClassRoom (From Birth to Eleven). Los Angless: Sage.
Worth, K. (2010). Science in Early Childhood Classrooms: Content and Process. Scholarly
Yulia Sari. (2012). Peningkatan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi Di Taman Kanak-Kanak Tri Bina Payakumbuh. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Jurnal Pesona PAUD, Vol 1: No 1