Efektivitas Permainan Ular Naga terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Bahari Padang
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i1.900Keywords:
Efektivitas;Permainan;Sosial emosional;Ular nagaAbstract
Perkembangan sosial emosional adalah salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Tujuan penelitian untuk mengungkapkan keefektifan permainan ular naga terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Bahari Padang dan mengungkap perbedaan antara dua variabel yang berbeda. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-eksperiment design). Populasi penelitian ini yaitu siswa TK Bahari Padang, dengan sampel kelas B3 dan B4 yang masing-masing terdiri dari 10 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terstruktur, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data dioalah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan skor pretest dan post-test kelas eksperimen adalah skor pre-test 234 dan post test 278, sedangkan hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 23,4 dan 27,8. Sementara skor pada pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 241 dan 266, dengan hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 24,1 dan 26,6. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan independet sample t-test nilai sig (2-tailed) 0,007 yaitu lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa permainan ular naga terbukti efektif terhadap perkembangan sosial emosional anak.
References
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Ali Nugraha. (2011). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Annisa, A,.Marlina, S.,& Zulminiati, Z.(2019) . Hubungan Persepsi Orang Tua Tentang Dampak SmartPhone Terhadap Perkembangan Sosial Pada Anak di Kelompok Bermain Gugus 1 Kecamatan Naggalo Kota Padang. Jurnal ilmiah Potensia, 4(1) 59-66 https://doi.org/10.33369/jip.4.1.59-66
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dacholfany, Hasanah. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset
Euis, Kurniati. (2016). Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jakarta: Prenamedia Group
Gusni, Nava. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Proyek Di TK Cahaya Bunda Tabek Patah. Skripsi. Pendidikan Anak Usia Dini. IAIN Batusangkar
Hartinah, Mayar, Suryana. (2018). Efektivitas Mencetak Percikan Daun Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak di Taman Kanak- Kanak Aisyiyah Suayan. Jurnal Usia Dini. 4(2), 55-56.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak. 2(1),115–134. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12368/0
Huda, K. (2016). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Permainan Benteng-bentengan. Journal Realita, 1(1).
Hurlock, Elizabeth. (2013). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga
Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Journal Psikologi, 23(2).
Parapat, Asmidar, dkk. (2020). Pola Pembelajaran Di Raudhatul Atfal Fajar Shiddiq Medan. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 4(1).
Permendikbud 137 tahun 2013. Tentang Standar Pencapaian Perkembangan Anak
Pramudyani, A. V. R., Kurniawan, M. R., Rasyid, H., & Sujarwo. (2017). Kurikulum Holistik Integratif Berbasis Permainan Tradisional Pada PAUD Di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 86– 96.
Sugiyono.(2017).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suryana, Dadan. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Padang: UNP Press.
Suryana, Dadan. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Jurnal Dasar Dasar Pendidikan TK. Vol 1, 5-10.
Suryana, Dadan. (2018). Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group
Syahrul dan Nurhafizah. 2022. Analisis Pola Asuh Demokratis Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal obsesi, 6(6).
https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1717
Wiyani, N. A.(2014). Mengelola & Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media