Pengaruh Media Flashcard Digital dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.921Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perkembangan bahasa Inggris anak di Taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. Kurangnya keterampilan guru untuk memperkenalkan dan mengucapkan bahasa Inggris dengan benar kepada anak. Saat belajar bahasa Inggris di taman kanak-kanak, guru hanya menggunakan flashcard berbasis kertas. Selain itu, guru jarang menggunakan teknologi dalam media pembelajaran anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media flashcard digital terhadap peningkatan kosakata bahasa Inggris pada anak Taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman, dan sampel penelitian ini adalah kelas B1 sebagai kelas eksperimen dengan 11 anak dan kelas B2 sebagai kelas kontrol dengan 11 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pretest dan postest dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan bantuan komputerisasi IBM SPSS statistic 25. Temuan berdasarkan analisis data pada uji normalitas, data yang diperoleh pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal. Tabel uji homogenitas menghasilkan nilai 0,856 dan dapat disimpulkan bahwa data yang diperoleh homogen. Uji hipotesis didapatkan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,127 < 0,05. Berdasarkan ini, media flashcard digital efektif digunakan dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak di taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman.