Pengaruh Permainan Ular Tangga Raksasa Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar 32 Padang

Authors

  • Vike Septriani Universitas Negeri Padang
  • Indra Yeni

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.933

Keywords:

: Permainan ular tangga raksasa, motorik kasar anak usia 5-6 tahun

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui seberapa besar pengaruh permainan ular tangga raksasa terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Azhar 32 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 38 anak TK Islam Al-Azhar 32 Padang. Metode pengambilan sampel yakni cluster sampling yang terdiri dari anak kelas B1 serta B2, serta setiap kelas berjumlah 19 anak. Metode pengumpulan yakni metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, hipotesis. Data diolah dengan uji beda (t-test) dengan program SPSS 25.0. Menurut analisis data, nilai rata-rata sebelum serta sesudah tes dari kelompok eksperimen masing-masing adalah 19,32 dan 24,00. Sebaliknya, nilai rata-rata sebelum sert sesudah tes pada kelompok kontrol masing-masing adalah 19,42 dan 22,63. Pada independent test, t-test memberikan nilai sig (2-tailed) yakni 0,056.  Dengan begitu disimpulkan terdapatnya pengaruh yang signifikan dalam permainan ular tangga raksasa terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar 32 Padang Tahun Ajaran 2022/2023.

References

Fikriyati, Mirroh. (2013). Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Yogyakarta:

Laras Media Prima

Hanifah, Lilis Dian. Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Penggunaan Ular Tangga

Kimia Sebagai Media Penilaian. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah

Melsi, A . (2015). “Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di Kelas X Sekolah Menengah Atas Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2015/2016 https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55274

Mukhlisa, N., & Kurnia, S. D. (2021). Penerapan Permainan Papan Titian

dalamMengembangkan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(1), 65-75.

Rahmayuni, N., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Permainan Hulahop Dalam

Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 4(1), 535-541. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.495

Rati Audina, Kris Setyaningsih, & Izza Fitri. (2022). Pengaruh Media Permainan Ular

Tangga Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma

Wanita Pampangan Oki . ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 295–

Retrieved from https://journalnusantara.com/index.php/JIM/article/view/93

Safitri, S. (2022). Pengaruh Permainan Media Karpet Ular Tangga Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak 3-4 Tahun di TK Aisiyah 40 Surabaya. (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adibuana Surabaya)

Zahrotul, Indah Maulida. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Raksasa Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B1. Jember: Digital Repository Universitas Jember.

http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/88225

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Septriani, V. ., & Yeni, I. (2023). Pengaruh Permainan Ular Tangga Raksasa Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar 32 Padang. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(2), 128–136. https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.933