Pengaruh Permainan Ular Tangga Raksasa Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar 32 Padang
DOI:
https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.933Keywords:
: Permainan ular tangga raksasa, motorik kasar anak usia 5-6 tahunAbstract
Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui seberapa besar pengaruh permainan ular tangga raksasa terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Azhar 32 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 38 anak TK Islam Al-Azhar 32 Padang. Metode pengambilan sampel yakni cluster sampling yang terdiri dari anak kelas B1 serta B2, serta setiap kelas berjumlah 19 anak. Metode pengumpulan yakni metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan uji normalitas, homogenitas, hipotesis. Data diolah dengan uji beda (t-test) dengan program SPSS 25.0. Menurut analisis data, nilai rata-rata sebelum serta sesudah tes dari kelompok eksperimen masing-masing adalah 19,32 dan 24,00. Sebaliknya, nilai rata-rata sebelum sert sesudah tes pada kelompok kontrol masing-masing adalah 19,42 dan 22,63. Pada independent test, t-test memberikan nilai sig (2-tailed) yakni 0,056. Dengan begitu disimpulkan terdapatnya pengaruh yang signifikan dalam permainan ular tangga raksasa terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Islam Al-Azhar 32 Padang Tahun Ajaran 2022/2023.
References
Fikriyati, Mirroh. (2013). Perkembangan Anak Usia Emas (Golden Age). Yogyakarta:
Laras Media Prima
Hanifah, Lilis Dian. Persepsi Guru dan Siswa Terhadap Penggunaan Ular Tangga
Kimia Sebagai Media Penilaian. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah
Melsi, A . (2015). “Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Virus di Kelas X Sekolah Menengah Atas Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2015/2016 https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55274
Mukhlisa, N., & Kurnia, S. D. (2021). Penerapan Permainan Papan Titian
dalamMengembangkan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 2(1), 65-75.
Rahmayuni, N., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Permainan Hulahop Dalam
Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 4(1), 535-541. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.495
Rati Audina, Kris Setyaningsih, & Izza Fitri. (2022). Pengaruh Media Permainan Ular
Tangga Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Dharma
Wanita Pampangan Oki . ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 295–
Retrieved from https://journalnusantara.com/index.php/JIM/article/view/93
Safitri, S. (2022). Pengaruh Permainan Media Karpet Ular Tangga Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak 3-4 Tahun di TK Aisiyah 40 Surabaya. (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adibuana Surabaya)
Zahrotul, Indah Maulida. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga Raksasa Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B1. Jember: Digital Repository Universitas Jember.