Pengaruh Media E-Book Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-kanak

Authors

  • pratiwi tiwi Universitas Negeri Padang
  • Saridewi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.959

Keywords:

Kata kunci : Berbicara, Bahasa Inggris,  E-Book, AUD, Keywords : Speaking, English, E-Book, AUD

Abstract

Abstrak

Di era kemajuan teknologi saat sekarang ini anak usia dini di tuntut untuk mempunyai keterampilan berbicara bahasa inggris, agar anak tidak tertinggal oleh kemajuan zaman, dapat berkomunikasi dengan bahasa inggris, serta memberikan dampak yang positif bagi proses pendidikan anak. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui pengaruh media E-Book terhadap keterampilan berbicara bahasa inggris anak di taman kanak-kanak islam Al-Azhar 32 Padang. Sampel penelitian ini yaitu 12 orang anak di kelas eksperimen dan 12 anak di kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasy experiment yaitu pre-test dan post-test group control. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan eksperimen dan observasional. Validasi instrument penelitian menggunakan professional judgment dan hasilnya dilihat dengan SPSS 20.0 menggunakan teknik Alpha Cronbach. Berdasarkan uji hipotesis independent sampel t-test dengan komputerisasi SPSS 20.0 diperoleh taraf sigifikansi 0,01. Uji effect size diperoleh 1,5 dengan kategori tinggi, dengan demikian  media E-Book mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara bahasa inggris anak.

ABSTRACT

In the current era of technological advancement, early childhood is required to have English speaking skills, so that children are not left behind by the progress of the times, can communicate in English, and have a positive impact on the child's education process..This study aims to determine the effect of E-Book media on children's English speaking skills at the Islamic Kindergarten Al-Azhar 32 Padang. The sample of this study consisted of 12 children in the experimental class and 12 children in the control class. This research approach uses a quasy experiment, namely pre-test and post-test group control. Research data collection was carried out by experiment and observational. The validation of the research instrument used professional judgment and the results were viewed with SPSS 20.0 using the Alpha Cronbach technique. Based on the independent sample t-test hypothesis test with computerized SPSS 20.0, a significance level of 0.01 was obtained. The effect size test obtained 1.5 which is in the high category, thus the use of E-Book media has a significant influence on children's English speaking skills.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anggraini,Gian,F,Sofia,A. (2018). Interaksi Sosial Antara Guru dan Anak dalam Pengembangan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1 No 1,7-18.

Dewi,K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak usia Dini, Vol 1 No 1, 81-96.

Fatihaturosyidah, F., & Septiana, T. I. (2019). Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing Bagi Pembelajar Usia Dini. As-Sibyan J. Pendidik. Anak Usia Dini, 4(1).

Huliyah,M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal,Vol 1 No 1,60-71.

Humairah, E. (2022). Penggunaan Buku Ajar Elektronik (E-Book) Berbasis Flipbook Guna Mendukung Pembelajaran Daring Di Era Digital. Prosiding Amal Insani Foundation, 1(1), 66-71.

Istiana,Y. (2017). Konsep Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Pendidikan,Vol 2 No 2, 90-98.

Madyawati,L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Nasution, S., & Asrindah, A.Analisis Pemerolehan Bahasa (Language Acquisition) Pada Anak Usia Dini Rentang Usia 4-5 Tahun Di PAUD Insani Kota Medan.. BAHAS (e-Journal), 32(4), 286-297.

Purandina, I. P. Y. (2021). Implementasi Media Digital Untuk Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 66-78.

Sofyan H. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Meningkatkannya. Jambi : CV Infomedika.

Suryana,D. (2018). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryana,D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Udayani, L. M. (2021). Penggunaan Media Visual “POSTER BERGAMBAR” dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. LAMPUHYANG, Vol 12 No 2, 182-191.

Yusuf,Enjang,E. (2016). Perkembangan dan Pemerolehan Bahasa Anak. Jurnal Studi Islam,Gender dan Anak,Vol 11 No 1,40-60.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 1 No 1, 81-96.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

tiwi, pratiwi, & Saridewi. (2023). Pengaruh Media E-Book Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(2), 183–195. https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.959