Pengenalan Bentuk, Ukuran, dan Warna Melalui Bermain Playdough Pada TK/Anak Usia Dini 4-6 Tahun

Authors

  • Imanuel Imanuel Puling Universitas Negeri Surabaya
  • Norlianti L Tabun universitas negeri surabaya
  • Nurul Khotimah universitas negeri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.999

Keywords:

Kata kunci: Pengenalan bentuk, ukuran, warna dan bermain PlayDough

Abstract

Pengenalan Bentuk, Ukuran Dan Warna Melalui Bermain PlayDough Pada Anak Usia 4-6 Tahun proses Pengenalan Bentuk, Ukuran dan Warna Melalui Bermain PlayDough Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Untuk mendapatkan data dan informasi akurat yang dibutuhkan, peneliti menentukan seorang anak sebagai informan utama. Dalam proses pengabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi teknik dengan menggunakan data dokumen sebagai data pembanding, triangulasi    sumber menggunakan data hasil wawancara orangtua dan guru dengan data observasi dan wawancara pada anak serta menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengenalan bentuk, ukuran dan warna melalui bermain PlayDough dapat memberikan kontribusi penting bagi perkembangan kognitif anak yakni kemampuan mengenal bentuk, ukuran dan warna. Selain itu, melalui bermain PlayDough daya konsentrasi, minat, ketekunan dan rasa ingin tahu anak terus berkembang melalui pengalaman langsung yang dialami oleh anak, juga kemampuan motorik halus dan bahasa anak turut berkembang selama proses bermain PlayDough.

Kata kunci: Pengenalan bentuk, ukuran, warna dan bermain PlayDough

References

Lestari, K, ‘Konsep Matematikaa Anak Usia Dini’, Institutio: Jurnal Pendidikan …, 1, 2011 <http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/view/293>

MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA, ‘Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini’, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2014, 13

Rusmiati, Anik Sumarno, Ida Dwijayanti, and Sumarno, ‘Analisis Pengembangan Media Playdought Untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Bilangan Dan Lambang Bilangan Anak Usia Dini Di Kecamatan Candisari’, ARYA SATYA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Vol. 1, No. 3, Desember 2021, 1.3 (2021), 11–18 <https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2021/09/2.-Anik-Rusmiati-Analisis-Pengembangan-Media-Playdought-Untuk-Meningkatkan-Kemampuan-.pdf>

Sri Nurjanah, Aryani, and Yudianto Sujana, ‘Upaya Meningkatkan Konsep Bentuk, Warna, Ukuran, Dan Pola Melalui Media Playdough Pada Anak Kelompok a Tk Aisyiyah Ii Sroyo Tahun’, 2015

Tue, Ermelinda, Ayu Asmah, and Sarah Emmanuel, ‘Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Bentuk Geometri Melalui Bermain Playdough Pada Anak Taman Kanak-Kanak’, Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1.2 (2021), 50–56

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Imanuel Puling, I., Tabun, N. L., & Khotimah, N. (2023). Pengenalan Bentuk, Ukuran, dan Warna Melalui Bermain Playdough Pada TK/Anak Usia Dini 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 4(2), 229–242. https://doi.org/10.37216/aura.v4i2.999