Pemikiran Pendidikan Islam

Konseptualisasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Intelektual Islam Klasik

Authors

  • Dwi Fitri Wiyono Universitas Islam Malang

Keywords:

pemikiran pendidikan Islam, studi pendidikan karakter, intelektual Islam klasik.

Abstract

Pendidikan karakter menempati posisi strategis dalam pendidikan Islam di Indonesia.dirasakan urgensitasnya untuk dirumuskan secara konseptual dalam perspektif Islam.Kajian pendidikan karakter dalam pemikiran tokoh-tokoh Islam klasik hingga modern selalu menjadi tema yang penting untuk dikaji dan dikembangkan didalam khazanah pendidikan Islam. Latar belakang yang mendasarinya antara lain, yakni: Pertama; pendidikan karakter merupakan tema penting yang menjadi perhatian pemangku kebijakan dalam merumuskan tujuan pendidikan. kedua; Pendidikan karakter menjadi dasar utama gagasan pemikiran pendidikan Islam. Ketiga; konsep dan pemikiran pendidikan karakter yang digagas oleh intelektual Islam klasikmemiliki persamaan dan perbedaan dengan konsep pendidikan yang berasal dari barat dan konsep pendidikan karakter yang diwariskan dari yunani kuno dan arab.

References

Al-Jauziyah, Ibn. Qayyim. Miftah Dar as-Sa’adah, terj. Abdul Matin (Solo: Tiga Serangkai, 2009.)

Aly, Hery Noer. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Logos, 1999).

Bloom, Benyamin S. Taxanomy of Educational Objectivitas (New York: David Mckay Company, 1984).

E. Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter (Jakarta: Bumi Aksara, 2014).

Iqbal, Abu Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015).

Maemonah. Reward and Punishment Sebagai Metode Pendidikan Anak Menurut Ulama’ Klasik (Studi Pemikiran Ibnu Miskawaih, al-Ghazali dan al-Zarnuji, (Semarang: Tesis Program Pasca Sarjana IAIN Walosongo, 2009).

Madjid, Nurcholish. Islam Doktrin dan Peradaban (Jakarta: Yayasan wakaf Paramadina).

Nashir, Haedar. Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya (Yogyakarta: Multi Presindo, 2013).

Nata, Abuddin. Pendidikan Karakter dalam Wacana Intelektual Muslim dan Khazanah Dunia Pendidikan Islam, Makalah Seminar, Institut Agama Islam (IAIN) Imam Bonjol, Padang tahun 2011.

Rokhman, Fathur dkk. Character education for Golden Generation 2045 (National Caracter Building for Indonesian Golden Years), (Semarang State University: Procedia, Social and Behavioral Sciences, 2014).

Samani, Muchlas. Konsep dan Model Pendidikan Karakter (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014).

Shoimin, Aris. Guru Berkarakter: Untuk Implementasi Pendidikan Karakter, (Yogyakarta: Gavamedia, 2014).

Sonhaji, Ahmad. Membangun Peradaban Bangsa dalam Perspektif Multikultural, (Malang: UM Press, 2015).

Sulaiman, Asep. Mengenal Filsafat Islam (Bandung: Penerbit Yrama Widya, 2016).

Suwito. Filsafat Pendidikan Akhlak, Ibn Miskawaih (Yogyakarta: Belukar, 2004).

Tolkhah, Imam. Membuka Jendela Pendidikan Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam (Jakarta: Grafindo Persada, 2004).

Zar, Sirajuddin. Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya (Depok: PT. Rajagrafindo Persada, 2014).

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Wiyono, D. F. (2023). Pemikiran Pendidikan Islam: Konseptualisasi Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Intelektual Islam Klasik. Fikroh: (Jurnal Studi Islam), 8(1), 37–48. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/fikroh/article/view/1139