About the Journal

Fikroh (P-ISSN: 1979-9608 e-ISSN: 2961-7936), adalah Jurnal Studi Islam  yang dikelola oleh LPPM IAI Hamzanwadi Pancor dengan versi cetak sejak tahun 2013 dan versi Online mulai terbit Pada Bulan Juni 2022.  Jurnal ini fokus mengkaji dan mempublikasikan hasil baik artikel ilmiah maupun hasil penelitian seputar keislaman atau Studi-Studi Keislaman. Baik itu dari sisi teoritis, maupun praktis. Sebagai jurnal yang mencakup berbagai artikel dari kajian-kajian keislaman, seperti artikel keagamaan, artikel hasil kajian teks, artikel sosio-kultural, artikel ekonomi islam dan politik Islam

Untuk leih jelasnya dalam peneribitan di jurnal ini akan diatur kemudian dalam volume terbitan dengan tema lebih khusus lagi . Jurnal ini  bertujuan untuk menampilkan dialektika isu-isu keislaman secara lebih komprehensif dan beragam. Semua tulisan yang ditampilkan dalam jurnal ini dianalisis dengan skema double-blind review process.

Current Issue

Vol. 7 No. 2 (2023): ISLAM SEBAGAI ILMU (Teori dan Praktek)
					View Vol. 7 No. 2 (2023): ISLAM SEBAGAI ILMU (Teori dan Praktek)

Focus kajian yang termuat pada Volume 7 No. 2, Edisi Juli-Desember Tahun 2023 ini memiliki beberapa Topik yang sangat menarik dimana para penulis mengemas Bahasa dan alur tulisan mudah dipahami bahkan kontektual yaitu upaya untuk mengeksplorasi secara lebih mendalam, Islam sebagai doktrin ideal dan juga bagian dari realitas historis atas perubahan di era kontemporer dengan kompleksitas permasalahannya (HAM, demokrasi, radikalisme agama, pluralisme, fundamentalisme, politik global); untuk menyebut sebuah upaya mendialogkan berbagai bentuk pergumulan gagasan (exchange of ideas) antara khazanah intelektual Islam klasik (turats) dengan ide-ide kontemporer (Dobel Movment: Baca Fazlurrahman) yang menjadi lokus dari kajian umat manusia modern. Dengan mengangkat tema-tema yang bersumber dari isu-isu kekinian yang menjadi perhatian publik pada dekade ini, harapan dari pembacaan ini adalah lahirnya kepedulian yang lebih besar terhadap studi kritis atas tradisi-tradisi dan realitas sosial yang sedang berubah pada saat ini.

Published: 2023-12-16

Articles

View All Issues