Relasi Dakwah Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Pembentuk Karakter Santri
Abstract
ABSTRAK
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memberikan pengajaran, pendidikan, dan keteladanan setiap detik dan menit serta setiap jam dari seorang kyai kepada santrinya. Pendidikan dalam pondok pesantren bertujuan menempa diri santri menjadi pribadi yang mandiri mengembangkan semangat kebersamaan, yang meliputi sikap tolong-menolong, kesetiakawanan, dan persaudaraan sesama santri. Dari sisi pembinaan karakter individual, pesantren mengajarkan sikap hemat dan hidup sederhana yang jauh dari sifat konsumtif. Peran pondok pesantren di Indonesia bukan hanya sebagai lembaga pendidikan tetapi berperan juga sebagai lembaga keagamaan yang menjadi basis dalam proses pembentukan karakter umat. Di dalam pondok pesantren diajarkan dasar-dasar ilmu untuk membentuk karakter umat, karena pada dasarnya memiliki karakter yang yang baik adalah kewajiban yang harus dimiliki para santri Ketika sudah terjun ke Masyarakat. Sebagai misi dakwah dalam bentuk memberikan keteladanan. Dengan demikian, pondok pesantren sebagai institusi pendidikan Islam, sangat potensial untuk pembentukan sumber daya manusia dan potensial menuju terwujudnya kecerdasan dan kesejahteraan bangsa dan berkarakter yang baik. Tidak sedikit da’wah yang bisa dilakukan melalui pondok pesantren, baik da’wah yang menyampaikan ajaran Islam, maupun dakwah tentang kehidupan dan tentunya untuk pembentukan karakter umat.
Kata Kunci : Pondok pesantren, Lembaga Pendidikan, Karakter Santri
References
DAFTAR PUSTAKA
(n.d.).
(n.d.).
Alfandi, H. (2019). Akar-Akar Historis Perkembangan Pondok Pesantren di Nusantara. al-Qalam PSKp UNSIQ, 48-60.
AM, R. (2023). Dakwah dan Siyasah. Jakarta: Bina Rena Parawira.
Bin Ali Al-Qathani, S. (1994). Da'wah Islam Da'wah Bijak. Jakarta: Gema Insani Press.
Bukhari, M. (1987). Sistem dan Model Pendidikan Klasik. Jakarta: Bulan Bintang.
Departemen Agama RI . (2023). Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jakarta: Direktorat Jendral Agama RI.
Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.
Dhofier, Z. (1994). Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.
Ghazali, B. (1996). Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Prasasti.
Ismail. (2013). Menggagas Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Masa Depan Yang Mencerahkan. Al-Ta'dib, 40-52.
Mualli, C. (2020). Pesantren dan Milenial Behaviour: Tantangan Pendidikan Pesantren Dalam Membina Karakter Santri Milenial. Jurnal Pendidikan Islam, 31-42.
Muhammadiyah, H. (2000). Dakwah dan Globalisasi. Jakarta: ELSA.
Mujahidin, E. (2005). Pesantren Kilat. Jakarta: Nusa Indah.
Musyarofah, U. (2006). Kiprah Dakwah KH. Maman Dafar Melalui Pondok Pesantren Pabelan Dalam Dakwah. Kajian Dakwah dan Komunikasi, 41-52.
Nata, a. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Nurcholis, M. (1997). Bilik-Bilik Pesantren. Jakarta: Paramadina.
Qomar, M. (2000). Pesantren Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga.
Quthb, M. (1984). Sistem Pemikiran Islam. Bandung: Al-Ma'arif.
Ria, N. (2018). Peran Pondok Pesantren sebagai Pembentukan Karakter Dalam Menghadapi Tantangan Kehidupan Modern. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar.
Satori, D., & Komariah, A. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: alfabeta.
Shihab, Q. (1983). Membumikan Al-qur'an. Bandung: Mizan.
silfiyasari, M. (2020). Peran Pesantren Dalam Pendidikan Karakter di era Globalisasi. Pendidikan Islam, 30-43.
Undang-Undang RI. (2019). Tentang Pondok Pesantren. Surabaya: Putra Bahari Agency.
Zarkashi, Z. (1985). Pedoman Para Da'i. Jakarta: Bulan Bintang.
Zawadipa, Z. (2017). Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Panggung Tulungagung. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Ziemek, M. (1986). Pesantren Dalam Perubahan Sosial. Jakarta: P3M.
Zakaria, Muh, and H. Muhammad Imanuddin. “Eksistensi Pondok Pesantren Dalam Mengembangkan Pendidikan Islam: (Analisis Manajemen Lembaga Pondok Pesantren Di Lombok).” Jurnal Penelitian Tarbawi 7, no. 2 (July 31, 2022). https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i2.654.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Heru Siswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.