Studi Tentang Impelementasi Pendidikan Dalam Konsep Pendidikan Islam

Authors

  • M. Indra Gunawan IAI Hamzanwadi Pancor
  • H. Muhammad Imanuddin IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/fikroh.v6i2.807

Keywords:

Impelementasi Pendidikan, Pendidikan Islam.

Abstract

Dalam jurna ini membahas studi tentang impelementasi Pendidikan dalam konsep pendidikan Islam, dalam pendidikan dalam perspektif Islam pada dasarnya berupaya mengembangkan potensi peserta didik seoptimal mungkin, baik yang menyangkut aspek jasmaniah ataupun rohaniah, akal dan akhlak. Pendidikan Islam mengantarkan peserta didik ke arah kedewasaan pribadi secara paripurna, yaitu yang beriman dan berilmu pengetahuan. Fokus kajian permaslahan yang dibahas adalah Fungsi dan tujuan pendidikan dalam konsep pendidikan Islam adalah sebagai transformasi nilai budaya, ilmu pengetahan dan teknologi dalam rangka membangun kreatifitas dan kepribadian insani, bertanggung jawab dan berjiwa mandiri melalui konsep ilahiah kemudian tujuannya adalah upaya untuk mempersiapkan manusia sebagai hamba Allah dan khalifah Allah di muka bumi dalam arti yang luas agar tercapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Adapun faktor-faktor yang mendukung implementasi pendidikan Islam adalah 1). faktor Keahlian Pelaksana. 2). Faktor Sumber-sumber potensial yang dapat mendukung plaksanaan implementasi pendidikan, 3). faktor dukungan dari masyarakat, 4). Faktor aktifitas dan efisiensi pemerintah.

References

Abdul Kadir AT-Tamimy, Butir-Butir Hikmah dari Al-Qur’an dan Hadis Nabi.

Abdurrahman An-Nashlawi, Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, cet. iii, Bandung: Diponogoro, 1996.

Abuddin, Paradigma Pendidikan Islam, Jakarta: Grasindo, 2001.

Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, cet.iv, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Armai, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2001. Azyumardi Azra, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju

Milenium Baru, cet. ii, Jakarta: Logos, 2000.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjamahannya, Bandung: Gema Risalah Press, 1989.

GBHN 1999-2004 TAP MPR No. IV/MPR/1999

Hamdani Ihsan, Filasafat Pendidikan Islam, Jakarta: CV. Pustaka Setia, 2001.

Jalaluddin, Teologi Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Press, 2001. Jalaluddin, Teologi Pendidikan, cet. iii, Jakarta: Rajawali Press, 2001.

Muh. Abu Abdulloh, Sahih Al-Bukhari, Surabaya: Darun Nasri Al-Misriyah, 1986.

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Tim Dosen FIP-IKIP Malang, Dasar-Dasar Kependidikan, Malang: Tim Dosen IKIP Malang, 1988.

W.J.S. Poerwadarmita, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1976.

Zakiah Drajat, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 1996.

Zalkiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, cet.iv, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Gunawan, M. I., & Imanuddin, H. M. . (2022). Studi Tentang Impelementasi Pendidikan Dalam Konsep Pendidikan Islam. Fikroh: (Jurnal Studi Islam), 6(2), 174–221. https://doi.org/10.37216/fikroh.v6i2.807