Menalar Gaya Hidup Masyarakat Millenial Terhadap Penggunaan Obat Halal HNI-HPAI Di Masa Pandemi Covid-19

(Studi Kasus Di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat)

Authors

  • Muzakkir Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darul Falah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/fikroh.v6i2.808

Keywords:

Gaya Hidup, Millenial, Obat Halal.

Abstract

Eksistensi dari prodak halal secara langsung sangat berpengaruh kepada gaya hidup sesorang, terutama bagi orang yang memiliki sensitifitas keagamaan yang sangat tinggi. Dalam prinsip Islam, standarisasi konsumsi bermuara pada dua aspek, yaitu aspek halal dan aspek baik (thayyib). Gaya hidup adalah sebuah kebiasaan pada setiap orang dalam menjalani kehidupan. Gaya hidup mempengaruhi seseorang dalam memilih produk dari berbagai pilihan yang ada.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenemenologi, yang mengkaji dan menganalisa fenomena yang sedang berkembang di era millenial sekarang ini. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis, yaitu penelitian yang dilakukan dengan menyajikan fakta lalu menganalisisnya secara sistematis sehingga lebih mudah dipahami dan disimpulkanBerdasarkan temuan di lapangan melalui wawancara. Peningkatan tersebut disebabkan karena beberapa faktor, mulai dari faktor kebutuhan kesehatan, faktor gaya hidup, faktor sosial dan faktor ekonomi1. Penelitian menemukan, pertama, kehalalan suatu produk akan menentukan sikap konsumen terhadap produk. Gaya hidup masyarakat di era pandemi dan kecenderungan masyarakat millenial dalam menggunakan obat halal pada produk HNI-HPAI meningkat drastis sampai mencapai 65%. Gaya hidup halal menjadi potensi besar terhadap pertumbuhan kehidupan masyarakat. Kedua, Peningkatan masyarakat dalam menggunakan HNI-HPI disebabkan karena beberapa faktor, mulai dari faktor kebutuhan kesehatan, faktor gaya hidup, faktor sosial dan faktor ekonomi

References

Ade Surya Dwi Putra, “Komunikasi Persuasif PT. Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) Dalam Membangun Jaringan Di Kota Pekanbaru”, JOM FISIP, Vol.5, No. 1, April 2018.

Amri, Syaiful., Jamil, M., Ardiansyah. 2017. Analisis Yuridis Kewenangan Majelis Ulama Indonesia dalam Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal. Fakultas Syari’ah dan Hukum. UIN Sumara Utara Medan

Eka Dewi Setia Tarigan, “Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan”, Vo. 3 No. 1, November 2016.

Ensiklopedi Hukum Islam/editor, Abdul Azis Dahlan. (et.al) –Cet.1.- Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1996.

Michael Minor, Perilaku Konsumen, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2002)

Mutiah Khaira Sihotang, (2020), Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Kasus Pada Konsumen Produk PT.HNI-HPAI). TRIANGLE: Journal Of Management, Accounting, Economic and Business. Vol 01. No. 02, 2020.

Norisca Aliza Putriana, “Upaya Farmasis Dalam Implementasi UU No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal”, Farmaka, Vol. 16, No. 1, Juni 2018.

Setiadi, Nugroho. “Perilku konsumen (konsep dan implikasi untuk strategi dan pemasaran)”, (Jakarta: kencana, 2008), hlm. 148.

Sumarwan, U. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. (Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2004).

Suryani Tatik, “Perilaku Konsumen Di Era Internet” Jogjakarta : Graha Ilmu, 2013.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Produk Jaminan Halal

Yasinta Ismailia, “Pengaruh Gaya Hidup Syariah Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Klinik Kecantikan Muslimah Aishaderm”, Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.

Yuswohady. Marketing to the Middle Class Muslim- Kenali Perubahannya, Pahami Perilakunya, Petakan Strateginya. (Jakarta:Penerbit Gramedia Pustaka Utama. 2015).

Downloads

Published

2022-12-01

How to Cite

Muzakkir. (2022). Menalar Gaya Hidup Masyarakat Millenial Terhadap Penggunaan Obat Halal HNI-HPAI Di Masa Pandemi Covid-19: (Studi Kasus Di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat). Fikroh: (Jurnal Studi Islam), 6(2), 222–234. https://doi.org/10.37216/fikroh.v6i2.808