Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Kultur Sekolah Islam

Authors

  • Muzakir STKIP Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah

DOI:

https://doi.org/10.37216/fikroh.v7i1.963

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Kultur Sekolah Islam, Nilai-Nilai Karakter

Abstract

Pendidikan karakter merupakan tugas sekaligus tantangan berat bagi sekolah saat ini. Perubahan teknologi ternyata telah membawa perubahan terhadap nilai-nilai kehidupan. Pesatnya perkembangan teknologi banyak memunculkan nilai-nilai baru yang kemudian dianggap sebagai suatu yang sah dan benar untuk dilaksanakan sementara nilai lama cenderung ditinggalkan oleh peserta didik. Oleh sebab itu, pendidikan karakter sangat penting untuk diintegrasikan dalam kultur sekolah dalam upaya membangun generasi bangsa yang berakhlak mulia,bertanggung jawab cerdas dan mandiri.  Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan karakter yang terintegrasi dalam kultur sekolah. Metode kajian yang digunakan adalah telaah literatur atau pustaka yang diperoleh dari berbagai sumber sehingga ditemuan suatu keterpaduan yang utuh dalam mengkaji kultur sekolah dan pendidikan karakter. Berdasarkan hasil kajian dalam tulisan ini dapat diperoleh beberapa kesimpulan: 1) pendidikan karakter merupakan upaya dalam mengembangkan karakter ke dalam diri peserta didik sehingga memiliki sikap dan prilaku yang mulia. Tujuan pendidikan karakter yaitu membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang seutuhnya dimana antara pengetahuan, sikap, perbuatan menjadi satu kesatuan yang utuh, tidak menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang terpecah (split personality), 2) kultur sekolah sangat menentukan dalam pengembangan nilai-nilai karakter. Kultur sekolah yang didukung oleh pelaksanaan nilai-nilai karakter dalam setiap tingkahlaku dan pola pikir semua warganya dapat memberikan dampak yang kuat dalam membangun nilai-nilai karakter dalam diri peserta didik; 3) implementasi pendidikan dalam kultur sekolah bisa dilaksanakan melalui ketauladanan dari semua warga sekolah mulai dari kepala sekolah sampai pegawai yang paling rendah.

References

Arthur, J. Education with Character, The Moral Economy of Schooling. New York AS: 11 New Fetter Lane, London EC4P 4EE, 2003.

Azra, Azyumardi. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi. Jakarta: Buku Kompas, 2002.

Barth, R. S. “The Culture Builder”. Diambil pada tanggal 26 Juli 2010, dari htt: //journals.ema.sagapuh.com

Bell, L., & Kent, P.. A Case Study Exploring The Ways in Which Sixth-Form Students Perceive School Cultural. Journal of the British Educational Leadership, Management & Administration Society, vol 38. no 8-14, 2010.

Bertens, K.. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2007.

Bohlin, K. E.. Teaching Character Education Through Literature. London And New York: USA and Canada by Routledge Falmer, 2005.

Darmiyati Zuchdi, dkk.. Pendidikan Karakter: Grand Desain dan Nilai-Nilai Target. Yogyakarta: UNY Press, 2009.

--------. Humanisme Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara, 2008.

--------, Zuhdan Kun Prasetya., & Muhsinatun Siasah. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, No 1-12, 2010.

Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2008.

Gene K. Character Strengthening The Heart of Good Leadership. Printed in the United States of America: by Jossey Bass, 2007.

Hamzah B.,U. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2008

--------. Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Hidayat, Komaruddin. Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah terhadap Kultur Sekolah. Diambil pada tanggal 23 Mei 2010, darihttp://umum.kompasiana.com/2009/09/02/.

Hidayatullah, Furqon. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka, 2010.

Joel. T., Peter. S. The Discourse of Character Education: Culture Wars in The Classroom. United States of America: Joel Taxel, 2005.

Kemdiknas. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, 2010.

Kirschenbaum, H. 100 Ways to Enhance Values and Morality in Schools and Youth Settings. Boston: Allyn and Bacon, 1995.

Koesoema, Doni Pendidik Karakter Di Jaman Keblinger. Jakarta: Gramedia, 2009.

--------. Pendidikan Karakter, Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo, 2010.

Lickona, T. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: CEP, 1991.

--------, Schaps, E., & Lewis, C. Eleven Principles of Effective Character Education Partnership. New York: Catherine Lewis, 2007.

Mulyana, Rahmat. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.

Munip, Abdul. Reinventing Nilai-Nilai Islam mengenai Peranan Guru dalam Pendidikan Karakter. Makalah Disampaikan dalam Acara Diskusi Forum Lingkar Hijau BEM Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 2009.

Murphy, M. M. Character Education, Overcoming Prejudice. New York: Infobase Publishing, 2009.

Nurkolis. Manajemen Berbasis Sekolah; Teori Model dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo, 2006.

Raharjo, Sabar Budi. Pendidikan Karakter sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No 229-238, 2010.

Rahmani, Abdi. Pengembangan budaya sekalah di SMAN 3 Tajung Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan, Jurnal Penelitian dan Evaluasi, No 191-199, 2007.

Revell, L & Arthur, L.. Character Education in Schools and The Education of Teachers. Journal of Moral Education Vol. 36, No. 1-5, 2007

Shochib, Moh.. Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Sjarkawi. Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Sudaryanto, Kurotul Aeni. Proses Pendidikan Budi Pekerti di Taman Muda Majelis lbu Pawiyatan Taman Siswa Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evalusi, No. 14-25, 2005.

Wening, Sri. Pembentukan Karakter Remaja Awal melalui Pendidikan Nilai yang Terkandung dalam Pendidikan Konsumen: Kajian Evaluasi Reflektif Kurikulum SMP di Yogyakarta, Jurnal Penelitian dan Evaluasi, UNY Yogyakarta, No. 151-167, 2007.

Winton, S.. Character Education: Implications for Critical Democracy. International Critical Childhood Policy Studies, Vol 1. 1-43, 2008.

Yamin, Moh. Menggugat Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media, 2009.

Zamroni.. Paradigma Masa Depan. Yogyakarta: BIGRAF Publishing, 2000.

--------. Pendidikan dan Demokrasi dalam Transisi. Jakarta: PAP Muhammadiyah, 2007.

Zubaedi. Pendidikan Berbasis Masyarakat Upaya Menawarkan Solusi terhadap Berbagai Problem Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Zuriah, Nurul. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti, dalam Perspektif Perubahan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Downloads

Published

2023-06-05

How to Cite

Muzakir. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Kultur Sekolah Islam. Fikroh: (Jurnal Studi Islam), 7(1), 9–31. https://doi.org/10.37216/fikroh.v7i1.963