Pendampingan Penulisan Cerpen Budaya Bagi Siswa MA Azzuhriyah Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.37216/al-madani.v2i2.1235Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki siswa MA Azzuhriyah dalam menulis cerita pendek budaya dalam bentuk pendampingan yang dilakukan oleh tim PkM Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Hamzanwadi tahun 2023. Kegiatan ini sendiri menjadi bagian penting dalam tridarma perguruan tinggi yang digaungkan dan ditradisikan oleh prodi PBSI, Universitas Hamzanwadi. Peserta dalam pendampingan ini berjumlah 18 orang yang masuk dalam kelas penulisan cerita pendek. Kegiatan ini sendiri dilakukan selama 8 pertemuan aktif dalam kelas. Adapun luaran dalam kegiatan ini adalah antologi cerita pendek “Cerita Gubuk Kami”.
Kata Kunci: Pendampingan, Penulisan Fiksi, Cerita Pendek, Budaya Sasak.
References
Ahdiah, Indah, Yunus, Alimudin, Rahmat Eki Saputra “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Antologi Pada Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Palu” dalam jurnal Sambulu Gana. Vol. 2 No. 3 September 2023 Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Palu. ISSN : 2827-7627
Amanda Oksaventa Aghittara. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Melalui the Improvement Fiction Story Writing Skill Trough the Use of Reading. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 831–837.
Cleopatra,Maria, Sara Sahrazad, Ibnu Harmi Dja’far, Toto Widiarto, Sutina, Sigit Widiyarto “Penyuluhan Menulis Cerpen Pada Siswa SMPN Terbuka 23 Bekasi Jawa Barat” dalam Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Vol. 8, No. 2, 2023; pp. 499-505 ISSN: 2540-8747
Hafifa, N. S. (2021). “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Inspiratif melalui Strategi Pemodelan” dalam Seminar Nasional IKIP Budi Utomo, 5(2), 60–66.
Hasan Suaedi, Yeni Mardiana, Mochamad Hatip, Uswatun Hasanah, “Pelatihan Menulis Cerpen Bertema Fantasi Bagi Siswa Di Yayasan Nurussalam Wonoasri Jember” dalam Jurnal Abdi Indonesia Vol. 3 No.1 (2023), 63-74
Kerina, Yinka Loliek Kania Atmaja, Eli Rustinar “Pendampingan Menulis Cerpen Dalam Meningkatkan Literasi Siswa Melalui Program Klub Literasi Sekolah dalam Jurnal Communnity Development Journal Vol.4 No. 3 Tahun 2023, Hal. 6721-6726
Toha-Sarumpaet, R. K. (2010). Pedoman penelitian sastra anak. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Wahyudi, Agus dan Juanda “Keterampilan Menulis Puisi Dengan Teknik Brainwriting Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah” dalam jurnal VOKAL, Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol.2 No. 1 Mei (2023).