Kemah Literasi Sebagai Medium Akselerasi Baca Tulis Berbasis Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.37216/al-madani.v1i2.829Keywords:
Kemah Literasi, Akselerasi, Baca Tulis, Play Base Leraning.Abstract
Budaya literasi merupakan satu aspek yang masih menjadi momok dalam iklim pendidikan di Indonesia. Mulai dari satuan pendidikan paling rendah sampai ke perguruan tinggi. Pengabdian dalam bentuk kemah literasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan mendorong semangat belajar baca tulis anak-anak di dusun Sukadamai, Desa Dames Kecamatan Suralaga. Observasi dan simak libat cakap digunakan untuk menentukan lokasi kegiatan pengabdian. Metode belajar yang digunakan adalah Play Based Learning (belajar sambil bermain). Adapun luaran yang diperoleh dalam kegiatan ini yaitu intensitas belajar dan animo membaca anak-anak cukup baik dibuktikan dengan keaktifakan mereka datang belajar baca tulis dan membaca di lapak buku yang disediakan.
References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori Dan Praktik. CV. Pilar Nusantara.
Aziz, A. L. (2014). Penguatan Identitas Bahasa Indonesia Sebagai Lambang Identitas Nasional Dan Bahasa Persatuan Jelang Penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Jurnal Studi Sosial, 6(1), 14-20.
Datau, R. (2019). Akselerasi Pendidikan Karakter Untuk Mewujudkan Revolusi Mental.
Gani, A. A. (2021). AKSELERASI SEKTOR PENDIDIKAN DI KABUPATEN BIMA. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 66-69.
Hafidzin, A. B. H. M., & Makhsin, M. (2016). Kesan play-based learning terhadap afektif murid pemulihan jawi j-qaf di sekolah rendah. Proceedings of the ICECRS, 1(1), v1i1-530.
Kusumawati, T. I. (2018). Peranan Bahasa Indonesia Dalam Era Globalisasi. NIZHAMIYAH, 8(2).
Surandhani, E. P. (2018). Humanisme Berbahasa Santun" Perspektif Ketangguhan Bahasa Nasional Sebagai Media Komunikasi Berdiplomasi Masyarakat Global Multikultural Lintas Negara".
Susanti, D. I. (2011). Peranan Bahasa Indonesia Di Tengah Maraknya Penggunaan Bahasa Asing. Deiksis, 3(04), 365-378.
Syahroni, S. (2017). Peranan Orang Tua Dan Sekolah Dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 6(1), 13-28.
Uno, H. B., & Nina Lamatenggo, S. E. (2022). Tugas Guru Dalam Pembelajaran: Aspek Yang Memengaruhi. Bumi Aksara.