Bimbingan membaca dan Menulis Al-Quran di TPQ Nurul Hamdi
DOI:
https://doi.org/10.37216/al-madani(jurnalpengabdianpadamasyarakat).v4i1.1955Keywords:
bimbingan AL-Quan, Tajwid, huruf hijaiyah, TPQ Nurul HamdiAbstract
Program bimbingan membaca dan menulis Al-Quran di TPQ Nurul Hamdi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar dan menulis huruf hijaiyah. Program ini dilakukan di Desa Kalianyar, Kecamatan Tamanan, Bondowoso, dengan fokus pada pengenalan huruf hijaiyah, tajwid, serta kemampuan menulis Al-Quran. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan anak-anak dalam mengenali dan mengingat huruf hijaiyah, membaca dengan tajwid yang tepat, serta menulis dengan bentuk yang benar dan rapi. Selain itu, program ini juga berkontribusi pada peningkatan rasa percaya diri dan keterampilan sosial anak-anak. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan bahan ajar yang menarik dan kebutuhan pelatihan intensif untuk pengajar, dukungan berkelanjutan dari berbagai pihak diharapkan dapat memastikan keberlanjutan program ini dan memberikan manfaat jangka panjang bagi anak-anak di TPQ Nurul Hamdi.
References
Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38-41.
Kurnia, A. (2017). Implementasi Metode Al-Hidayah Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an. Jurnal Tatsqif, 15(1), 69-96.
Prima, W. (n.d.). Nutrisi Hati. Retrieved from https://wikaprima.wordpress.com/info-kesehatan /%E2%80%9Cmanfaat-membaca-al-qur%E2%80%99an-dan-kesehatan%E2%80%9D/
Sinaga, N. A. (2020). Kode etik sebagai pedoman pelaksanaan profesi hukum yang baik. Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara, 10(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Al Madani (Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.