Pelatihan Digital Marketing Untuk Pengembangan Pemasaran Produk Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Kelurahan Kolo Kota Bima

Authors

  • Aliah Pratiwi sekolah tinggi ilmu ekonomi bima
  • Nurul Huda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Juwani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Muhajirin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • A Rahman Azhari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Mei Karlina Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Syahraini Nabila Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.37216/al-madani.v2i2.1216

Keywords:

UMKM, Digital Marketing

Abstract

Peran UMKM di Indonesia memberikan kontribusi sebagai roda penggerak pertumbuhan ekonomi negara. Kontribusi pertumbuhan ekonomi UMKM ini mendorong pemerataan perekonomian rakyat sebab berada di berbagai tempat, bahkan menjangkau daerah pelosok sehingga masyarakat tidak perlu ke kota untuk memperoleh penghidupan layak. Model pelaksanaan kegiatan PKM ini terdiri dari sosialisasi dan pelatihan. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan pelatihan, awalnya mahasiswa memberikan sosialisai terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan praktek. Yaitu dengan mendampingi peserta dalam pembuatan platform untuk pemasaran digital, seperti IG, Tik Tok dan Facebook. Selama kegiatan pelatihan dan pendampingan, peserta beberapa kali mengajukan pertanyaan terkait teknis pembuatan blog dan konten digital, hal ini mengindikasikan rasa ingin tau peserta tinggi dan minat dalam mengikuti pelatihan peserta sangat baik.

References

Berkah Iman Santoso, Prima Mulyasari Agustini, and Ari Kurnia. 2020. “Pelatihan Digital Marketing Untuk Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.” Indonesian Journal for Social Responsibility 2(2): 35–42.

Permatasari, Dianur, Febrialdy Yogapratama, Isabella Intan Kurniafitra, and Wulansari Islamiah. 2022. “Pelatihan Digital Marketing Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Pemasaran Produk Umkm Batik.” Transformasi dan Inovasi 2(1): 60–72.

https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpm/article/view/15717.

Pranoto, Pranoto, Jasmani Jasmani, and I Nyoman Marayasa. 2019. “Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur - Tangerang.” Jurnal Pengabdian Dharma Laksana 1(2): 250.

Susanti, Elisa. 2020. “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor.” Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat 1(2): 36.

Thaha, Salmiyah, St Hatidja, and Hasniati Hasniati. 2021. “Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Di MasaPandemiCovid-19Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros.” ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2): 133–39.

Peran UMKM di Indonesia. https://www.google.com/search?q=perkembangan+umkm+di+indonesia. (Verified, 30 Juni 2022).

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Aliah Pratiwi, Nurul Huda, Juwani, Muhajirin, A Rahman Azhari, Mei Karlina, and Syahraini Nabila. 2023. “Pelatihan Digital Marketing Untuk Pengembangan Pemasaran Produk Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Kelurahan Kolo Kota Bima”. Al Madani Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2 (2):103-8. https://doi.org/10.37216/al-madani.v2i2.1216.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.