STRATEGI DAKWAH USTADZ ARSYAD SALEH DALAM MEMBINA MASYARAKAT DESA PRAISALURA KECAMATAN KARERA KABUPATEN SUMBA TIMUR NTT

Authors

  • Wahidin Abdul Rahman Rahman IAI Hamzanwadi Pancor

Keywords:

Strategi Dakwah Dalam Membina Masyarakat

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai strategi dakwah Ustadz Arsyad Saleh dalam membina masyarakat Desa Praisalura Kecamatan Karera Kabupaten Sumba Timur. Masalah utama dalam penelitian ini adalah mengenai Bagaimana strategi dakwah Ustadz Arsyad Saleh dalam membina masyarakat di Desa Praisalura, serta bagaimana aktivitas dakwah Ustadz Arsyad Saleh dalam membina masyarakat dan fakto- faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dakwah Ustadz Arsyad Saleh di Desa Praisalura. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah Ustadz Arsyad Saleh dan bagaiman aktifitas dakwah Ustadz Arsyad Saleh dalam membina masyarakat serta ingin mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dakwah Ustadz Arsyad Saleh.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Desa Praisalura. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Praisalura tokoh agama tokoh masyarakat dan aparat Desa Praisalura. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara.

Dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan oleh peneliti mengungkapkan bahwa strategi dakwah Ustadz Arsyad Saleh dalam membina masyarakat Desa Praisalura cukup maksimal itu dilihat dari perubahan masyarakat Desa Praisalura yang awalnya tidak paham terhadap ilmu agama sehingga mereka bisa memahami ilmu agama dengan benar. Aktifitas dalam pembinaan yang dilakukan yaitu mengajarkan tata cara sholat, berwudu, membaca Alqur-an, dan membuat kajian setiap malam jum’at.Adapun Faktor pendukung yaitu banyak maksyarakat yang ingin belajar ilmu agama, adanya dukungan dari pemerintah setempat. Faktor penghambat yaitu banyaknya masyarakat yang masih menganut ajaran nenek moyang, kurangnya pendidikan, sibuk dalam bekerja.

Downloads

Published

2023-11-07

How to Cite

Rahman, W. A. R. (2023). STRATEGI DAKWAH USTADZ ARSYAD SALEH DALAM MEMBINA MASYARAKAT DESA PRAISALURA KECAMATAN KARERA KABUPATEN SUMBA TIMUR NTT. MADDINA: Jurnal Manajemen Dakwah, 1(1), 24-35. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/madina/article/view/1181