Analisis Pemikiran Pendidikan Ibnu Rajab Al-Hanbali
( Relevansi dan Aplikasinya dalam Pembaharuan Pendidikan Islam Modern )
DOI:
https://doi.org/10.37216/tadib.v22i2.1859Abstract
Abstrak
Sebagai orang yang menghargai jasa para pendahulunya, setidaknya kita tahu dan memahami apa yang telah dicurahkan oleh para pemikir dan ulama’ besar Islam terdahulu. Menggali Kembali permata Pendidikan yang telah lama terkubur dalam sejarah peradaban Islam. Ibnu Rajab al-Hanbali adalah salah satu pemikir Islam klasik yang mashur pada abad IIV M. Ibnu Rajab terkenal sebagai ahli fiqih mazhab Hanbali yang hidup di Bagdad. Walaupun ia adalah seorang ilmuan yang concern pada masalah fiqih (praktik-praktik keislaman), akan tetapi beliau juga ahli dalam bidang Pendidikan khususnya, Pendidikan Islam. Gagasan-gagasanya mengenai Pendidikan Islam bisa menambah khazanah pemikiran dan cara pandang kita sebagai pendidik. Oleh sebab itu tulisan ini akan membahas pemikiran pendidikan Islam Ibnu Rajab al-Hanbali.
References
Daftar Pustaka
Azyumardi Azra, ‘Pendidikan Islam; Tradisi Dan Modernisasi Di Tengah Tantangan Melenium III’, (Jakarta: Kencana, 2012)
George A Makdisi, ‘Cita Humanisme Islam; Panorama Kebangkitan Intelektual Dan Budaya Islam Dan Pengaruhnya Terhadap Renaisans Barat, Terj. A. Syamsu Rizal & Nur Hidayah’, (Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2005)
Hasan Ibn Ali Ibn Hasan Al-Hijaj, ‘Al-Fikru Tarbawi ’Inda Ibnu Rajab al-Hanbali’, (Jidah: Andalus al-Hodro’, 1996 M/ 1417 H)
Ibnu Rajab al-Hanbali, ‘Mendidik Dan Membersihkan Jiwa, Terj. Saiful Ardi al-Matur’, (Jakarta: Najla Press, 2004)
Ibnu Rajab Al-Hanbali, ‘Negeri Kebinasaan: Seburuk-Buruk Tempat Kembali (At-Takhwif Minan Naar Wat Ta’rif Bi Haali Daril Bawar),’ (Jakarta Timur: Griya Ilmu, 2019)
Noeng Muhadjir, ‘Metode Penelitian Kualitatif Edisi IV’, (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2002)
Samsul Kurniawan & Erwin Mahrus, ‘Jejajk Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam’, in (Jogjakarta; Ar-Ruzz Media, 2011), Hlm. 7., (Jogjakarta; Ar-Ruzz Media, 2011)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sapiuddin, Muh. Z akaria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.