The Impact of Changes in Teacher Attitudes and Learning Methods on Student Performance

Authors

  • Najwa Hafbi Universitas Syarif Hidayatulah
  • Muhammad Sidik Universitas Syarif Hidayatulah
  • Muhammad Taufik Universitas Syarif Hidayatulah
  • Ahmad Zumaekal Universitas Syarif Hidayatulah
  • Irfansyah Universitas Syarif Hidayatulah
  • Wahyunengsih Universitas Syarif Hidayatulah

Abstract

Abstract

This issue is driven by the evolution of the education landscape, where traditional teaching methods meet the need for more dynamic and student-centered methodologies. The research problem focuses on understanding how teacher attitudes toward learning change with innovative teaching methods, affecting learning outcomes. This reflects the increasing concern among educators about the gap between traditional teaching practices and the diverse needs of today's students. Using a quantitative approach by distributing surveys to students and teachers in different schools, this research explores the relationship between teachers and teaching methods and student activities. The results show a significant relationship between positive changes in teacher attitudes, the introduction of interactive and adaptive teaching methods, and improvements in student performance metrics. The conclusion drawn from the study emphasizes the importance of teacher attitudes and teaching methods in shaping student success. It underscores the importance of creating a positive, student-centered classroom environment where teachers can adapt and respond to individual learning needs. Additionally, the findings emphasize the need for continuous professional development initiatives to enhance teacher competencies in innovative pedagogical practices. The novelty of this scholarly work lies in comprehensively examining the correlation between teacher attitudes, teaching methods, and student performance. By providing a clear picture of this dynamic relationship, the study offers valuable insights for education policymakers, school leaders, and teachers striving to improve the quality of teaching and learning experiences in post-secondary education environments.

 

 

Abstrak

Efektivitas pembelajaran dalam membentuk kinerja siswa telah menjadi perhatian utama dalam penelitian pendidikan. Penelitian ini menguji pengaruh perubahan sikap guru dan metode pengajaran terhadap kinerja siswa di pendidikan menengah. Masalah ini dilatarbelakangi oleh evolusi dunia pendidikan, dimana metode pengajaran tradisional memenuhi kebutuhan metodologi yang lebih dinamis dan berpusat pada siswa. Masalah penelitian ini berfokus pada pemahaman bagaimana sikap guru terhadap pembelajaran berubah dengan inovasi yang inovatif. Metode pengajaran, mempengaruhi hasil belajar. Hal ini mencerminkan meningkatnya kekhawatiran di kalangan pendidik tentang kesenjangan antara praktik pengajaran tradisional dan beragamnya kebutuhan siswa saat ini. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan mendistribusikan survei kepada siswa dan guru di sekolah yang berbeda, penelitian ini mengkaji hubungan antara guru dan guru . . metode pembelajaran dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan penting antara perubahan positif sikap guru dan pengenalan metode pembelajaran interaktif dan adaptif serta peningkatan metrik kinerja siswa. Kesimpulan yang diambil dari penelitian menekankan pentingnya sikap guru dan metode pembelajaran dalam pembentukan . siswa ' kesuksesan Hal ini menekankan pentingnya menciptakan ruang kelas yang positif dan berpusat pada siswa di mana guru dapat beradaptasi dan merespons kebutuhan pembelajaran individu. Selain itu, temuan ini menekankan perlunya inisiatif pengembangan profesional berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam praktik pedagogi inovatif. Kebaruan karya ilmiah ini adalah mengkaji secara komprehensif korelasi sikap guru, metode pengajaran, dan kinerja siswa. . Dengan memberikan gambaran yang jelas tentang hubungan dinamis ini, penelitian ini memberikan informasi berharga bagi para pembuat kebijakan pendidikan, pemimpin sekolah, dan guru yang berupaya meningkatkan kualitas pengalaman belajar mengajar di lingkungan pendidikan pasca sekolah menengah.

 

References

Reference

Nasution AH. Sikap guru terhadap siswa dalam proses belajar mengajar di MIN-2 Padangsidimpuan. 2015; Available from: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2239/%0Ahttp://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/2239/1/103100215.pdf

Rubiyah. Pegaruh Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pekanbaru. UIN Sultan Syarif Kasim. 2011;

Gulo A, Mahulae S, Anzelina D, Silaban PJ. Pengaruh kepemimpinan guru terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD tahun pembelajaran 2020/2021. J Educ FKIP UNMA [Internet]. 2020;6(2):339–43. Available from: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/495

Tibahary AR, Muliana M. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae J Pedagog. 2018;1(1):54–64.

Magdalena I, Fauziah S, Sari PW, Berliana N. Analisis Faktor Siswa Tidak Memperhatikan Penjelasan Guru. J Pendidik dan Ilmu Sos [Internet]. 2020;2(2):283–95.Availablefrom: ttps://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

(2)(3)(4)(5)

Limega Candrasa, “The influence of teacher teaching, learning methods and student perceptions on student learning achievement in Medan city," Indonesian Journal of Educational Research, vol 10 No. 1.

Maretasari, E., & Subali, B. (2012). Application of laboratory-based guided inquiry learning model to improve students' learning outcomes and scientific attitudes. UPEJ Unnes Physics Education Journal

Tohirin. (2015). Guidance and Counseling in Madrasah Schools. Jakarta: Raja Grafindo

Nurhayati, et al. (2014). Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 1-10.

Wulandari, et al. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 1-10.

Hutapea (2012). Pengaruh Motivasi Berprestasi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 1-10.

Widyaningsih (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 1-10.

Zulaikhah (2015). Pengaruh Perilaku Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Rahmat & Jannatin (2018). Hubungan Sikap Siswa Terhadap Cara Guru Mengajar dengan Motivasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 1-10.

Aan Widiyono. (2021). Strategi Guru dalam Penilaian Sikap Siswa pada Pembelajaran Tematik. Repository Ar-Raniry, 25836.

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Hafbi, N., Sidik, M., Taufik, M., Zumaekal, A., Irfansyah, & Wahyunengsih. (2024). The Impact of Changes in Teacher Attitudes and Learning Methods on Student Performance. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 22(2), 187–195. Retrieved from https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/1864