Efektivitas Metode Pembelajaran ACM (Aku Cepat Membaca) dalam Meningkatkan Literasi Siswa

Authors

  • Mustikawati Mustikawati SMP NW Jerua, Indonesia
  • Siti Nurul Fitriani IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.726

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran ACM (Aku Cepat Membaca) dalam meningkatkan literasi siswa kelas 1 MI NW Mengkuru Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Design (eksperimen semu) dengan menggunakan model Non Equivalen Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I MI NW Mengkuru, sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas IA sebagai kelas eksperimen dan kelas IB sebagai kelas kontrol.

Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dua sampel independen (tidak berkorelasi) karena merupakan penelitian dengan dua sampel yang berbeda, maka dalam penelitian ini analisis pengujian hipotesis yang digunakan adalah t-test. Prinsip pengujian pada uji ini adalah dengan melihat perbedaan varians kedua kelompok data, dengan ketentuan apabila n1 = n2, varians homogen maka digunakan rumus t-test dengan rumus Polled Varians. Untuk mengetahui t tabel digunakan dk yang besarnya dk = n1 + n2 – 2. Penelitian ini dilakukan dengan mengolah data hasil belajar dengan menggunakan rumus uji-t dua pihak independen dengan taraf signifikan 5%. Penggunaan rumus uji-t dalam penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Hasil analisis menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata skor literasi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu X = 80,32 > X = 75,76. Dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung=1,728 > ttabel (0,05)=1,694, dengan taraf signifikansi 5% (0,05) dan dk ( n1 + n2 – 2 = 25 + 25 – 2) = 48, maka H0 ditolak dan Ha diterima, hal itu berarti metode pembelajaran ACM (Aku cepat membaca) efektif dalam meningkatkan literasi siswa kelas 1 MI NW Mengkuru Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi siswa yang menggunakan metode pembelajaran ACM (Aku Cepat membaca) yaitu kelas IA dan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (kelas IB).

References

Departemen RI Al-Qur’an dan Terjemahan Al-Hamid, Mecca Qur’an.

Dewantara Putu Mas, Susiari Tantri Ade Asih, “Keefektifan Budaya Literasi di SDN 3 Banjar Jawa untuk Meningkatkan Minat Baca”, Journal Of Educational Research and Evaluation, No. 4, Vol. 1, 2017.

Fatriani, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SETS (Sciance, Evironment, Thecnology, and Society) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Hamzanwadi No. 01 Pancor Tahun Pelajaran 2018/2019”, Skripsi pada Pendidikan Strata 1 IAI Hamzanwadi NW Pancor: 2018, tidak dipublikasikan.

Husamah, dkk, Pengantar Pendidikan, Malang: UMM Press, 2015.

Irham, Hidayatulloh Syarif, dan Tasrif, “Optimalisasi Budaya Literasi dalam Pembangunan Provinsi Nusa Tenggara Barat Gemilang”, Prosiding Seminar Nasional IPPeMas, 2020.

Jauhari Heri, Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi, Bandung: CV Pustaka Setia, 2009.

Kahmad Dadang, Metode Penelitiaan Agama, Bandung: Pustaka Setia, 2000.Octavia Annisa, “Pengaruh Metode Belajar Aku Capat Membaca terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah 46 Surabaya” Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 4, 2018.

Octavia Annisa, “Pengaruh Metode Belajar Aku Capat Membaca terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah 46 Surabaya”

Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 4, 2018.

Patimah, “Efektivitas Metode Pembelajaran Dongeng dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak pada Jenjang Usia Sekolah Dasar”, dalam https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article diakses pada tanggal 22 Juni 2021.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Alfabeta, 2017.

Suryabrata Sumadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Warsita Bambang, Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Zulaifi, “Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Penguasaan materi Ilmu Pengetahuan Sosial Peserta Didik Kelas IV SDI NW Kotaraja Tahun Pelajaran 2018/2019”, Skripsi pada Pendidikan Strata Satu IAI Hamzanwadi NW Pancor: 2018, tidak dipublikasikan.

Trimansyah Bambang, Model Pembelajaran Literasi Untuk Pembaca Awal, Jakarta: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

Hamdan Husein Batubara, dan Dessy Noor Ariani, “Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin”, Jurnal Pendidikan sekolah dasar (JPSD), No. 1, Vol. 4, 2018.

Sulthon M, Nur, dan Tsuroyah, “Aku Cepat Membaca Seri Anak-Anak”, Surabaya: Industri, 2013.

Downloads

Published

2022-12-06

How to Cite

Mustikawati, M., & Fitriani, S. N. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran ACM (Aku Cepat Membaca) dalam Meningkatkan Literasi Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 20(2), 58–78. https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.726