Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Umum Jenjang Pendidikan Pra-Sekolah

Authors

  • Nada Nazopah STIT Al-Aziziyah

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v8i1.1042

Keywords:

Penanaman, Pendidikan Agama Islam, PAUD/TK

Abstract

Penelitian tentang Pendidikan Agama Islam di PAUD yang bercorak Islami telah banyak dilakukan oleh peneliti. Namun penelitian pada Lembaga Pendidikan Umum jenjang PAUD masih sedikit ditemukan bahkan nyaris tidak ada sama sekali. TK Mawar Dharma Wanita dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam ditengah kondisi peserta didiknya yang didominasi oleh warga sekitar dan berasal dari latar agama Islam, Hindu, dan Kristen. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan studi kasus dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan sokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian, TK Mawar Dharma Wanita mampu melaksanakan tujuan Pendidikan Agama Islam yaitu dalam mengembangkan kemampuan peserta didik agar dapat memahami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama Islam tersebut. Selain itu  TK Mawar Dharma Wanita dalam kesehariannya mampu mengintegrasikan Pendidikan Agama Islam ke dalam tema-tema pembelajaran yang akan diajarkan oleh guru kepada peserta didik secara terbatas. Khusus pada hari jum’at, guru memberikan materi Pendidikan Agama Islam kepada siswa dengan lebih terbuka dan mendalam. Terlepas dari segala keterbatasan dalam pelaksanaannya, TK Mawar Dharma Wanita mampu mencapai hasil sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

References

Bogdan, R. C. Biklen, S.K. 1990. Qualitative research for education: An Introduction to theory and method. Boston: Allyn and Bacon, inc.

Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TKIT Nurul Islam Pare Kebupaten Kediri Jawa Timur). JURNAL PAUD TAMBUSAI, 2(2), 8–17.

Hanipah, Siti. "Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud Nurul Islam Kota Pagar Alam." Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan 9.2 (2016).

Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. "Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10.1 (2019): 159-181

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Muhammad Makmun Rasyid. Islam Rahmatan Lil Alamin Perspektif KH. Hasyim Muzadi. (Online) DOI: 10.21274/epis.2016.11.1.93-116. https://media.neliti.com/media/publications/62358-ID-none.pdf

Muntakhib, Ahmad. "Implementasi Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (Kajian Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Di TK ABA Petarukan)." Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, dan Tradisi) 4.2 (2018): 247-261.

Musyarofah, Laily, and Rizawati Rizawati. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Anak Usia Dini di TK Islam Cipta Bakti." Jurnal Pendidikan Tambusai 5.3 (2021): 6696-6702.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110–18.

Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2007 tentang Pendidikan agama dan Pendidikan keagamaan Pasal 3 ayat 1.

Peraturan Presiden No. 63 tahun 2005 No. 3 tahun 2006 Tentang Organisasi dan Tatakerja Departemen Agama.

Peraturan Turunan Pasca PP 55/2007 Peraturan Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama pada Sekolah (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2010 No. 596).

Reiser, Robert A., John V, Dempsey. (2007). Trends and Issues in Instructional Design and Technology, Second Edition. New Jersey: Pearson, Merrill Prentice Hall.

SK DIRJEN PENDIS No. 1828/Dj.I/DT.I.III/1/10/HM.01.1/2016 tanggal 20 Oktober 2016

Syaparuddin, Syaparuddin, Meldianus Meldianus, and Elihami Elihami. "Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik." Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1.1 (2020): 30-41.

Yuliana, Kartika. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak TK B3 PAUD Sandhy Putera Banjarbaru." (2020). Skripsi (online) https://idr.uin-antasari.ac.id/13514/

Downloads

Published

2023-12-01

How to Cite

Nazopah, Nada. “Penanaman Nilai-Nilai Islam Pada Lembaga Pendidikan Umum Jenjang Pendidikan Pra-Sekolah”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 8, no. 1 (December 1, 2023): 41–54. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1042.