Pengaruh Evaluasi Hasil Belajar Terhadap Peningkatan Mutu KBM Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas II MA NW Keruak

Authors

  • Muhammad Yani IAI Hamzanwadi Pancor
  • Muhammad Imanuddin IAI Hamzanwadi Pancor
  • Husnul Khotimah

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v8i2.1149

Keywords:

Pengaruh Evaluasi Hasil Belajar Terhadap Peningkatan Mutu KBM

Abstract

Evaluasi hasil belajar merupakan salah satu mata rantai kegiatan yang harus mendapat perhatian guru dalam melakukan tugasnya sebagai pengelola program belajar-mengajar. Evaluasi hasil belajar bukan sekedar menilai seberapa besar hasil yang diperoleh siswa dalam melakukan kegiatan belajar-mengajar, akan tetapi evaluasi dapat juga digunakan untuk memperbaiki proses belajar-mengajar. Tegasnya evaluasi dapat dijadikan dasar untu memperbaiki pendidikan. Suatu pendapat mengatakan bahwa rancangan atau desain penelitian pada dasarnya merupakan keseluruhan proses pemikiran dan penentuan matang tentang hal-hal yang akan dilakukan terhadap kegiatan penelitian. Dan proses pemikiran dalam penelitian ini sangat ditentukan oleh tujuan penelitian itu sendiri, apabila suatu penelitian dapat diukur secara langsung dan dinilai dengan angka, maka penelitian itu dinamakan penelitian kuantitatif, sedangkan penelitian yang tidak dapat diukur atau dinilai dengan angka-angka disebut penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa evaluasi hasil belajar bahasa Arab dengan rata-rata 64, 02, standar deviasinya 8, 7 termasuk dalam kategori sedang/cukup dan mutu kegiatan belajar mengajar rata-rata 68, 9 standar deviasinya 8, 92 termasuk dalam kategori tinggi.Sesuai dengan hasil uji hipotesisi yang telah disajikan di atas, maka ditemukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar terhadap peningkatan mutu KBM bidang studi bahasa Arab siswa kelas II MA NW Keruak dan hipotesisi alternatif yang ada pada bab III benar adanya.

References

Armidi, N., L., S., (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD”. Journal of Education Action Research, 6(2). https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45825

Hamdani, (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Harahap, S. E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar PPKn melalui Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Siswa Kelas 5 SD Negeri 164525 Tebing Tinggi. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 8(2). https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10378.

Karini, N. W., Agung, A. A. G., & Citra Wibawa, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Seting Lesson Study terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1). https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24881.

Khasanah dkk. (2022). Dinamika Konsep Dasar Model Pembelajaran. Batam: Yayasan Cendekia Mulia Mandiri.

Khulani, F., Noviana, E., Witri, G., (2019). Penerapan Metode Brainstorming dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal pendidikan Dan Pengajaran.), 3( 1) http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305

Nurdiansyah & Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1.

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang standar isi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf

Peraturan Pemerintah No. 32 tahun 2013 yaitu bahwa mata pelajaran PPKn

Pranoto. E. (2023). Model Discovery Learning dan Problematika Belajar. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Ramadai, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi Studi Tentang Analisis Dampak Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar. Sukabumi: Media Pembelajaran Animasi.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran Sleman: CV Budi Utama.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syafruddin, M. A., & Herman, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Group Tournament) terhadap Kecerdasan Emosi Siswa MAN 2 Makassar. Jendela Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4267.

Qalbi, Mantasiah, Jufri & Yusri., (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournaments Dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Indonesian Journal Of Education Studies, 20(1). https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.4882

Downloads

Published

2023-12-21

How to Cite

Muhammad Yani, Muhammad Imanuddin, and Husnul Khotimah. “Pengaruh Evaluasi Hasil Belajar Terhadap Peningkatan Mutu KBM Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas II MA NW Keruak”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 8, no. 2 (December 21, 2023): 109–117. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1149.