EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v1i1.124Keywords:
Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama IslamAbstract
Tidak semua tugas mendidik dapat dilaksanakan oleh orang tua dalam keluarga terutama dalam hal ilmu Pendidikan Agama Islam dan berbagai macam disiplin ilmu lainnya. Oleh karena itu dimasukkan anak ke sekolah. Dengan demikian, sebenarnya pendidikan di sekolah adalah bagian dari pendidikan dalam keluarga yang sekaligus merupakan lanjutan dari pendidikan keluarga. Dengan masuknya anak ke sekolah, maka terbentuklah hubungan antara rumah dan sekolah karena antara kedua lingkungan itu terdapat objek dan tujuan yang sama, yakni mendidik anak-anak.
Tujuan pendidikan nasional suatu bangsa menggambarkan manusia yang baik menurut pandangan hidup yang dianut oleh bangsa itu, dan tujuan pendidikan sesuatu bangsa mungkin tidak akan sama dengan bangsa lainnya, karena pandangan hidup mereka biasanya tidak akan sama. Tetapi pada dasarnya pendidikan setiap bangsa tentu sama, yaitu semua menginginkan terwujudnya manusia yang baik yaitu manusia yang sehat, kuat serta mempunyai keterampilan, pikirannya cerdas serta pandai, dan hatinya berkembang dengan sempurna.
Pengajaran merupakan proses terencana untuk menanamkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kepada diri siswa, dalam konteks ini guru harus memiliki kemampuan dalam proses belajar-mengajar baik dari segi kemampuan membuka, menyampaikan sampai dengan menutup pelajaran hal ini guru harus menyiapkan dengan matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengajar di kelas.
Guru perlu memilki kemampuan dalam proses pembelajaran, di samping kemampuan kepribadian dan kemampuan kemasyarakatan. Kemampuan dalam proses pembelajaran sering disebut kemampuan profesional. Guru perlu berupaya meningkatkan kemampuan-kemampuan tersebut agar seanantiasa berada dalam kondisi siap untuk membelajarkan siswa.