EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Authors

  • Marudin Marudin IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v1i1.124

Keywords:

Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tidak  semua  tugas  mendidik  dapat  dilaksanakan  oleh  orang  tua  dalam keluarga  terutama  dalam  hal  ilmu  Pendidikan Agama Islam  dan  berbagai  macam disiplin ilmu lainnya.  Oleh  karena  itu  dimasukkan  anak  ke  sekolah.  Dengan  demikian, sebenarnya pendidikan di sekolah adalah bagian dari pendidikan dalam keluarga yang sekaligus  merupakan  lanjutan  dari  pendidikan  keluarga.  Dengan  masuknya  anak ke sekolah,  maka  terbentuklah  hubungan  antara  rumah  dan  sekolah  karena  antara kedua  lingkungan  itu  terdapat  objek  dan  tujuan  yang  sama,  yakni mendidik  anak-anak.

Tujuan pendidikan nasional suatu bangsa menggambarkan manusia yang baik menurut  pandangan  hidup    yang  dianut  oleh  bangsa  itu,  dan  tujuan  pendidikan sesuatu bangsa mungkin  tidak akan sama dengan bangsa  lainnya, karena pandangan hidup  mereka  biasanya  tidak  akan  sama.  Tetapi  pada  dasarnya  pendidikan  setiap bangsa  tentu  sama, yaitu  semua menginginkan  terwujudnya manusia yang baik yaitu manusia  yang  sehat,  kuat  serta  mempunyai  keterampilan,  pikirannya  cerdas  serta pandai, dan hatinya berkembang dengan sempurna.

Pengajaran merupakan proses terencana untuk menanamkan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kepada diri siswa, dalam konteks ini guru harus memiliki kemampuan dalam proses belajar-mengajar baik dari segi kemampuan membuka, menyampaikan sampai dengan menutup pelajaran hal ini guru harus menyiapkan dengan matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengajar di kelas.

Guru perlu memilki kemampuan dalam proses pembelajaran, di samping kemampuan kepribadian dan kemampuan kemasyarakatan. Kemampuan dalam proses pembelajaran sering disebut kemampuan profesional. Guru perlu berupaya meningkatkan kemampuan-kemampuan tersebut agar seanantiasa berada dalam kondisi siap untuk membelajarkan siswa.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Marudin, Marudin. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 3 JANAPRIA KABUPATEN LOMBOK TENGAH”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 1, no. 1 (April 25, 2019): 1–17. Accessed May 31, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/124.