PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (EXPLICIT INSTRUCTION) PADA PEMBELAJARAN PAI DI SDN 7 MONTONG BETOK KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR

Authors

  • H. Munadi Guru Madrasah

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v1i1.125

Keywords:

Penerapan, Model Pembelajaran, Explicit Instruction

Abstract

Pendidikan merupakan suatu aspek kehidupan yang sangat mendasar bagi pembangunan bangsa suatu negara. Penyelenggaraan pendidikan di sekolah yang melibatkan guru sebagai pendidik dan siswa sebagai peserta didik, diwujudkan dengan adanya interaksi belajar mengajar atau proses pembelajaran. Dalam konsep penyelenggaraan ini, guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajarannya secara sistematis dan berpedoman pada seperangkat aturan dan rencana tentang pendidikan yang dikemas dalam bentuk kurikulum.

Dalam kegiatan pendidikan, terdapat proses interaksi belajar mengajar dalam suatu pembelajaran, dimana guru dan siswa serta seluruh komponen yang terkait melakukan sebuah proses guna mencapai suatu perubahan ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Tujuan pembelajaran akan tercapai apabila pelaksanaannya sesuai dengan rencana dan cara atau metode yang telah dipikirkan dengan baik juga.

Pemilihan metode dalam pembelajaran memang sangat penting, karena menyangkut proses keberhasilan yang berlangsung, oleh sebab itu pemilihan metode harus sesuai dan tepat sasaran sehingga tidak membosankan dan materi yang disampaikan mudah diserap oleh peserta didik.

Banyak model pembelajaran, pendekatan, metode, maupun strategi yang menawarkan pembelajaran yang sukses sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai. Salah satu model pembelajaran sebagai metode yang telah banyak dipergunakan oleh lembaga-lembaga formal adalah Model Pembelajaran Langsung (Explicit Instruction)

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Munadi, H. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (EXPLICIT INSTRUCTION) PADA PEMBELAJARAN PAI DI SDN 7 MONTONG BETOK KECAMATAN MONTONG GADING LOMBOK TIMUR”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 1, no. 1 (April 25, 2019): 18–32. Accessed May 31, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/125.