PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB

Authors

  • Siti Rauhillah IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v1i1.127

Keywords:

Pembelajaran, Quantum, Minat Belajar

Abstract

Mahir berbahasa Arab tidak menjamin mahir mengajarkannya, karena mahir berbahasa adalah satu hal dan mahir mengajarkan bahasa adalah hal lain. Seorang pengajar bahasa Arab harus menguasai setidak-tidaknya tiga hal yaitu kemahiran  berbahasa Arab, pengetahuan tentang bahasa dan budaya Arab dan keterampilan mengajarkan bahasa Arab.

Terkait dengan butir yang ketiga, seyogyanya seorang guru Bahasa Arab yang telah bertugas di berbagai lembaga pendidikan perlu memutakhirkan pengetahuan mereka mengenai berbagai pembaharuan yang terjadi dalam metodologi pengajaran bahasa, mengingat metodologi pengajaran bahasa asing mengalami perkembangan terus menerus seiring dengan perkembangan yang terjadi pada disiplin ilmu bahasa (‘Ilm al-Lughah – Linguistic), ilmu pendidikan (‘Ilm al-Tarbiyah – Paedagogi) dan ilmu jiwa (‘Ilm al-Nafs – Psychology). Harus diakui bahwa sebagian besar dari perkembangan tersebut terjadi pada pengajaran bahasa Inggris yang merupakan bahasa dunia paling penting dewasa ini. Sedangkan pengajaran bahasa Arab lebih banyak berperan sebagai pengadopsi sehingga seringkali tertinggal satu langkah di belakang pengajaran bahasa Inggris. Sementara itu, sejak disosialisasikannya KBK awal tahun 2000-an, para guru banyak memperoleh pelatihan mengenai berbagai pendekatan atau strategi-strategi mutakhir dalam pengajaran bahasa, salah satu di antaranya adalah strategi pembelajaran Quantum. Strategi ini mengantarkan kepada pola pembelajaran yang berpusat pada siswa, bukan berpusat pada guru.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Rauhillah, Siti. “PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN PRINSIP-PRINSIP QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 1, no. 1 (April 25, 2019): 50–61. Accessed May 31, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/127.