Penerapan Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk Meningkatkan Kualitas dan Profesionalisme Guru

Authors

  • Femi Sri Wahyuni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Pepen Supendi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v8i2.1286

Keywords:

Manajemen; Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan; Profesionalisme Guru

Abstract

Sebagaimana yang tercantum dalam PMA 38 Tahun 2018 bahwa Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru yang selanjutnya disebut PKB Guru adalah pengembangan kompetensi bagi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan. Sepanjang karirnya guru ditunut untuk terus mengasah diri sebagai seorang pendidik professional yang adaptif dan inovatif. Tujuan dari program PKB adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap professional guru dalam mengemban tugas sebagai pendidik. Adanya fakta yang membuktikan bahwa banyak sekali guru yang kesulitan dalam meningkatkan kemampuan profesionalitasnya karena keterbatasan dalam segala hal, mulai dari wadah atau tempat mengembangkan diri, biaya dan juga kebijakan yang kurang mendukung dalam pengembangan diri. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dapat berjalan dengan baik memerlukan suatu manajemen yang baik pula. Berdasarkan  hasil  analisis  data  yang  telah  dilakukan  peneliti  menujukkan  bahwa penerapan manajemen dalam Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat sudah dilaksanakan dengan baik. Perencanaan  dalam  PKB telah  berjalan  efektif  terbukti  dengan  ditandai  adanya  perumusan  tujuan  yang ingin dicapai, pemilihan program dan identifikasi permasalahan, pengerahan sumber, serta pembagian urutan tanggungjawab pekerjaan kegiatan berdasarkan kepada kualitas dan etos  kerja SDM secara adil. Pengorganisasian dalam pelaksanaan PKB juga sudah berjalan efektif dengan ditandai dari beberapa kriteria yang ada, antara lain pembagian tugas dalam PKB berdasarkan tupoksi dalam SK yang telah disahkan dan adanya kesesuaian tugas masing-masing guru.

References

Arianti. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Didaktika Jurnal Kependidikan 12, no. 3 (2018): 117–34.

As, Umi Maisyaroh. “Pengembangan Profesi Bagi Guru Madrasah Aliyah Melalui Diklat PKG dan PKB di BDK Jakarta.” Jurnal Balai Diklat Keagamaan 1, no. 1 (2020): 33–42.

Dermawati. Penilaian Angka. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Dessler, Garry. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sembilan. Jakarta: Indek Kelompok Gramedia, 2017.

Griffin. Perilaku Organisasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat, 2013.

Kastawi, Nurkolis Siri, dan Yovitha Yuliejantiningsih. “Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan 6, no. 2 (2019): 157–68. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i2.p157-168.

Koswara, Engkos, dan Aan Komariah. Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Kurniadin, Didin, dan Iman Machali. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Juknis 1381 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan dan Pengembangan KKG/MGMP dalam Kebijakan dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan untuk Guru, Kepala Madrasah dan Tenaga Kependidikan Madrasah. Direktorat GTK Madrasah. Kementerian Agama Republik Indonesia

Mukhtar. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group, 2013.

Pendit, Putu Laxman. Penelitian Ilmu Perpustakaan dan Informasi: suatu pengantar diskusi epistemologi dan metodologi. Jakarta: JIP-FSUI, 2003.

Permen PAN dan RB No. 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.

PMA 38 Tahun 2018 tentang Komponen PKB Guru Kementerian Agama dalam Sistem Penjaminan Mutu, Pemantuan, dan Evaluasi PKB Guru Madrasah. Direktorat GTK Madrasah. Kementerian Agama Republik Indonesia

Rohman. Dasar-Dasar Manajemen. Malang: Intelegensia Media, 2017.

Santoso, Eko Budi, Ngurah Ayu Nyoman Murniati, dan Endang Wuryandini. “Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 2 (2023): 768–73. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1331.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuaantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Suyono, dan Hariyanto. Belajar & Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.

Tanjung, R. “Pengaruh Penilaian Diri dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru.” Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) 4, no. 1 (2020): 380–91.

Umronah, U. “Manajemen Pengembangan Profesionalisme Guru di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Bulakamba Brebes.” Jurnal Kependidikan 6, no. 2 (2018): 278–92.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Femi Sri Wahyuni, and Pepen Supendi. “Penerapan Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Untuk Meningkatkan Kualitas Dan Profesionalisme Guru”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 8, no. 2 (December 30, 2023): 148–160. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1286.