INTERNALISASI DAN KARAKTERISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TAREKAT DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH.doc

Authors

  • Rusni Bilmakruf UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v2i1.139

Keywords:

Internalisasi, Karakterisasi Nilai, Pendidikan, Islam

Abstract

 Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan formal, memiliki nilai tersendiri dalam mencetak generasi muslim yang ideal. Pendidikan agama Islam memiliki materi keislaman yang banyak dan pokok, seperti pendidikan akidah ahlak. Dalam rangka menginternalisasi dan karakterisasi nilai-nilai aqidah ahlak tersebut pada peserta didik, dibutuhkan suatu metode yang tepat. Tulisan ini mengkaji suatu model internalisasi dan karakterisasi nilai-nilai pendidikan Agama Islam melalui jalur penerapan metode dan ajaran tarekat. Salah satu Pondok Pesantren yang menerapkan  model tersebut adalah Ponpes Darul Falah.

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Bilmakruf, Rusni. “INTERNALISASI DAN KARAKTERISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TAREKAT DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH.Doc”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 2, no. 1 (April 25, 2019): 29–38. Accessed June 18, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/139.