Manajemen Perubahan: Mengatasi Keengganan Guru Olahraga untuk Mengikuti Program Calon Guru Penggerak
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i1.1419Keywords:
manajemen perubahan, keengganan, guru olahraga, program calon pemimpin guruAbstract
Guru penggerak memiliki peran krusial dalam mendorong perubahan dan peningkatan di lingkungan sekolah. Mereka adalah pemimpin pembelajaran yang aktif mengembangkan diri dan menginspirasi rekan guru untuk menerapkan pembelajaran berpusat pada murid. Meskipun begitu, guru olahraga seringkali enggan untuk mengikuti Program Calon Guru Penggerak (CGP), mungkin karena lebih memilih kegiatan lapangan daripada di dalam kelas, kesulitan beradaptasi dengan pelatihan dalam jaringan, atau karena harus mengelola banyak tugas di luar mengajar.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMPN 14 Cilegon. Hasilnya menunjukkan bahwa keengganan guru olahraga terhadap CGP dapat diatasi melalui manajemen perubahan yang efektif, pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang menyebabkan keengganan, dan memberikan umpan balik yang jelas kepada peserta yang tidak lolos seleksi. Dengan mengatasi keengganan ini, kita dapat meningkatkan kualitas pengajaran olahraga dan menciptakan lingkungan sekolah yang lebih baik secara keseluruhan."
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Imas Nurwaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.