Upaya Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Di MI Raudhotul Jannah

Authors

  • Tiara Salsabilla Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rizal Ramli Universitas Singaperbngsa Karawang
  • Syellen Edwid Nivacindera Universitas Singaperbngsa Karawang
  • M. Makbul Universitas Singaperbngsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbngsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i1.1481

Keywords:

Peserta Didik, Aktivitas, Think Pair Share

Abstract

Tujuan dari penelitian pelajaran ini adalah untuk mendorong aktivitas dan Siswa memperoleh keterampilan kolaborasi belajar pada siswa kelas 5 di MI Raudhotul Jannah. Model Think Pair Share (TPS) digunakan dalam metodologi penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap perencanaan merupakan bagian dari proses penelitian, mengamati dan memikirkan kembali. informasi yang dikumpulkan melalui pendokumentasian dan observasi. Temuan-tamuan ini menunjukkan bahwa kerjasama dan keaktifan siswa mengalami peningkatan. Pengamatan mendukung hal ini disetiap siklusnya menjadi lebih besar secara signifikan. Pada siklus awal siswa yang pasif cenderung berkurang menjadi 26% dari sebelumnya 45% dan siswa yang lumayan aktif meningkat menjadi 13% dari sebelumnya 23%, siswa yang aktif meningkat menjadi 36% dari sebelumnya 20% dan siswa yang aktif meningkat menjadi 25% dari 12%, maka dari itu terjadi peningkatan efektivitas pembelajaran ditinjau dari keaktifan siswa. Partisipasi siswa dalam siklus kedua mengalami peningkatan keaktifan dalam pembelajaran Pada siklus kedua, siswa mengalami peningkatan keaktifan dalam pembelajaran hingga 94%. Berdasarkan pada temuan penelitian, bisa dikatakan​​​​​ bahwa menggunakan model pembelajaran​ Think Pair Share (TPS) mampu mendorong kerjasama dan tingkat aktivitas belajar siswa di kelas 5 MI Raudhotul Jannah.

Downloads

Published

2024-06-02

How to Cite

Salsabilla, Tiara, Rizal Ramli, Syellen Edwid Nivacindera, M. Makbul, and Nur Aini Farida. “Upaya Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Di MI Raudhotul Jannah”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 9, no. 1 (June 2, 2024): 54–63. Accessed June 20, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1481.