Upaya Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share Di MI Raudhotul Jannah
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i1.1481Keywords:
Peserta Didik, Aktivitas, Think Pair ShareAbstract
Tujuan dari penelitian pelajaran ini adalah untuk mendorong aktivitas dan Siswa memperoleh keterampilan kolaborasi belajar pada siswa kelas 5 di MI Raudhotul Jannah. Model Think Pair Share (TPS) digunakan dalam metodologi penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap perencanaan merupakan bagian dari proses penelitian, mengamati dan memikirkan kembali. informasi yang dikumpulkan melalui pendokumentasian dan observasi. Temuan-tamuan ini menunjukkan bahwa kerjasama dan keaktifan siswa mengalami peningkatan. Pengamatan mendukung hal ini disetiap siklusnya menjadi lebih besar secara signifikan. Pada siklus awal siswa yang pasif cenderung berkurang menjadi 26% dari sebelumnya 45% dan siswa yang lumayan aktif meningkat menjadi 13% dari sebelumnya 23%, siswa yang aktif meningkat menjadi 36% dari sebelumnya 20% dan siswa yang aktif meningkat menjadi 25% dari 12%, maka dari itu terjadi peningkatan efektivitas pembelajaran ditinjau dari keaktifan siswa. Partisipasi siswa dalam siklus kedua mengalami peningkatan keaktifan dalam pembelajaran Pada siklus kedua, siswa mengalami peningkatan keaktifan dalam pembelajaran hingga 94%. Berdasarkan pada temuan penelitian, bisa dikatakan bahwa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) mampu mendorong kerjasama dan tingkat aktivitas belajar siswa di kelas 5 MI Raudhotul Jannah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tiara Salsabilla, Rizal Ramli, Syellen Edwid Nivacindera, M. Makbul, Nur Aini Farida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.