Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Shalat berjamaah (Seputar kesalahan, makmum masbuk dan posisinya)

Authors

  • Muhammad Ayyub Syamsul Politeknik Negeri Fakfak

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i1.1486

Keywords:

Pengembangan, media, pembelajaran, video, shalat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video yang fokus pada materi shalat berjamaah dengan memperhatikan kesalahan makmum masbuk dan posisinya. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian terdiri dari dua kelompok: kelompok validasi produk, yang melibatkan ahli materi dan ahli media, serta kelompok uji coba produk, yang terdiri dari 32 peserta didik kelas IX.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa video mengenai materi shalat berjamaah ini mendapat penilaian "sangat baik" dari kedua validator, yaitu ahli materi dan ahli media. Uji coba terhadap respon pengguna, khususnya guru, menunjukkan hasil 90% dengan kategori "Sangat Setuju" terhadap media pembelajaran ini. Selain itu, uji coba terhadap ketertarikan peserta didik, baik melalui kelompok kecil maupun kelompok besar, menunjukkan hasil kategori "sangat tertarik".

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis video ini merupakan langkah yang efektif dalam meningkatkan pemahaman dan minat belajar mengenai materi shalat berjamaah, khususnya dalam memperbaiki kesalahan makmum masbuk dan posisinya

References

Faishol, R., & Mashuri, I. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas 2 MI Tarbiyatus Sibyan Srono. INCARE, International Journal of Educational Resources, 1(6), 523-540.

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Sainmatika: Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221053.

Kusumastuti, N., Putri, V. L., & Wijayanti, A. (2021). Pengembangan Media Frueelin Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(01), 155-163.

Muhammad, S. (2023). Menanamkan Kedisiplinan Melalui Shalat Berjamaah. Ghiroh, 2(1).

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Nurkholis, M. (2007). Mutiara Shalat Berjamaah: Meraih Pahala 27 Derajat. Mizania.

Putri, R.A. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA dengan Model Borg And Gall. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Susilawati, S. (2018). Implementasi Metode Demonstrasi Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Sholat Berjamaah Siswa Pada Pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 68-83.

Wijayanti, N., & Hadi, M. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video di Kelas III SD Muhammadiyah Kademangaran. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2713-2720.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Syamsul, Muhammad Ayyub. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Shalat Berjamaah (Seputar Kesalahan, Makmum Masbuk Dan Posisinya)”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 9, no. 1 (June 23, 2024): 106–115. Accessed March 19, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1486.