Transformasi Pendidikan Islam, Peran Dosen dan Mahasiswa di Era 5.0

Authors

  • Chosinawarotin Universitas Islam Blitar
  • Desy Anindia Rosyida Universitas Islam Blitar

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i1.1493

Abstract

Tantangan yang di hadapi pendidikan di era Society 5.0 sangatlah besar. Mengembangkan, memperbarui dan mengadaptasi paradigma pendidikan yang berwawasan global menuntut seluruh komponen untuk memaksimalkan perannya agar sejalan dengan perkembangan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tranformasi pendidikan Islam pada perguruan tinggi, serta proses dan upaya yang berkesinambungan antara peran dosen dan peran mahasiswa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan memanfaatkan data-data yang berkaitan dengan pokok bahasan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa di era Society 5.0, tranformasi pendidikan Islam merupakan sebuah keniscayaan, baik dari sisi pengetahuan maupun aktualisasi pendidikan itu sendiri. Tranformasi ini memerlukan ketersediaan sumber daya pengajar yakni dosen yang mempunyai kemampuan memecahkan masalah, berpikir kritis, inovatif dan kreatif. Selain itu juga perlunya peserta didik mampu beradaptasi, peka terhadap persoalan pendidikan, dan kreatif dalam mmerancang solusi baru, agar mampu bersaing di kancah global dan mampu mewujudkan esensi serta tujuan pendidikan Islam.

Kata Kunci: Society 5.0, tranformasi pendidkan Islam, peran dosen, peran mahasiswa.

 

 

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Chosinawarotin, and Desy Anindia Rosyida. “Transformasi Pendidikan Islam, Peran Dosen Dan Mahasiswa Di Era 5.0”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 9, no. 1 (June 23, 2024): 84–96. Accessed June 20, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1493.