PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN PEDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN LESSON STUDY KEMAMPUAN BELAJAR SISWA .doc

Authors

  • Siti Nurul Fitriani IAI Hamzanwadi NW Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v3i1.150

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL), Lesson Study, Kemampuan Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan contextual teaching and learning dalam lesson study terhadap kemampuan belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah Penelititan Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Dalam penelitian tindakan ini, peneliti melakukan suatu tindakan,  eksperimen, yang secara khusus diamati terus menerus, dilihat plus-minusnya, kemudian diadakan pengubahan terkontrol sampai pada upaya maksimal dalam bentuk tindakan yang paling tepat. Dengan adanya perbaikan pada siklus II ini, hasil belajar peserta didik menjadi meningkat jika dibandingkan dengan sebelum pelaksanaan tindakan PADA SIKLUS i YANG MEMiliki persentase ketuntasan sebesar 24,5%. Pelaksanaan siklus II jumlah peserta didik yang memiliki kategori tuntas yaitu 28 orang atau 83.3 % dan jumlah peserta didik yang tidak tuntas yaitu 10 orang atau 16,7 % dari jumlah peserta didik 38 orang. Berdasarkan hasil tersebut terjadi peningkatan kemampuan belajar peserta didik pada siklus II. Hal ini berarti pelaksanaan tindakan yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning dalam lesson study dapat meningkatkan kemampuan belajar Aqidah Akhlak peserta didik kelas X IPS

Downloads

Published

2019-04-25

How to Cite

Fitriani, Siti Nurul. “PEMBELAJARAN PAI MENGGUNAKAN PEDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN LESSON STUDY KEMAMPUAN BELAJAR SISWA .Doc”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 3, no. 1 (April 25, 2019): 21–30. Accessed April 21, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/150.