Implementasi Konsep Modrasi Beragama Melalui Pendidikan Islam

Authors

  • Ahmad Subyanto IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i1.1532

Keywords:

Impmentasi konsep mederasi Beragama melalui Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini membahas terkait dengan konsep membagun mederasi beragama melalui pendidikan Islam, tulisan ini bertujuan untuk memahami interdipsipliner implementasi konsep moderasi beragama dalam pendidikan islam melalui telaah pemamahaman secra tektual dan kontektual. Permasalahan yang ada di jawab melalui penelitian kepustakaan (library research) hasil menunjukan bahwa sekolah sebagai lembaga yang menitik beratkan peran guru pendidikan agama islam dalam mentranformasikan pengatahuan untuk peserta didiknya, bergeser kepada paradigma pembelajaran memberikan peran lebih banyak kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi akal dan kereativitas dirinya dalam rangka membentuk manusia yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, berahlaq mulia, berkeperibadian tinggi, memiliki kecerdasan, kecerdasan, estitika, sehat jasmani dan rohani

References

Moderatio : Jurnal Moderasi BeragamaVol.01, no,1 (2021),pp.121-150,doi:148

Abdurrahman, Moeslim. Islam Transformatif, Jakarta : Pustaka Firdaus, (1997)

Abdurrahman, Tafsir Ibnu Katsir, Terj. Abd. Ghoffar, Jakarta: Pustaka Imam AsySyafii, (2017)

Alam, Mansur. “Studi Implementasi Pendidikan Islam Moderat Dalam Mencegah

Ancaman Radikalisme Di Kota Sungai Penuh Jambi”, Jurnal Islamika, Vol. 1, No. 2 (2017)

al-Asfahaniy, Al-Alamah al-Raghib. Mufradat al-Fadz al-Qur'an, Beirut: Darel Qalam, (2009)

Anwar, Rosihan. Pengantar Ulumul Qur’an, Bandung: Pustaka Setia, (2009) Cet. 1

'Asyur, Ibnu. at-Tahrir Wa at-Tanwir, Tunis: ad-Dar Tunisiyyah. (1984)

az-Zuhaili, Wahbah. At-Tafsir Al-Wasith, Terj. Muhtadi, Jakarta, Gema Insani, (2012)

Darmadji, Ahmad. “Pondok Pesantren Dan Deradikalisasi Islam Di Indonesia”,

Jurnal Millah, Vol. 11, No. 1, (2011).

Dhoif, Syauqi. al-Mu'jam al-Wasith, Mesir: ZIB, (1972)

Dzulqarnain, M. Sanusi. Antara Jihad Dan Terorisme, (Makasar: Pustaka AsSunnah, 2011),

Hamid, Abdulloh. Pendidikan Karakter Berbasisi Pesantren, Surabaya: Imtiyaz (2013)

Imarah, Muhammad. “Islam Moderat Sebagai Penyelamat Peradaban Dunia”,

Seminar Masa Depan Islam Indonesia, Mesir: Al-Azhar University, (2006)

Ismail, Achmad Satori. dkk., Islam Moderat, Menebar Islam Rahmatan lil’alamin, Jakarta: Pustaka Ikadi, (2012), Cet. II;

Ismail, Achmad Satori., dkk., Islam Moderat, Menebar Islam Rahmatan lil’alamin, Jakarta: Pustaka Ikadi, (2012), Cet. II

Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, (2013).

M. Hanafi, Muchlis. Moderasi Islam, Ciputat: Diterbitkan Oleh Ikatan AlumniAl-Azhar dan Pusat Studi Al-Qur'an, (2013)Maftuh, Agus. Negara Tuhan: The Thematic Encyclopedia, Yogyakarta: Multi Karya Grafika, (2004) Miswari, Zuhairi. Al-Qur'an Kitab Toleransi: Inklusivisme, Pluralisme, dan Multikulturalisme, Jakarta: Fitrah, (2007)

Muchith, M. Saekan. “Radikalisme Dalam Dunia Pendidikan”, Jurnal Addin, Vol. 10, No. 1 (2014)

Vol.01, no,1 (2021),pp.121-150,doi:149

Muqoyyidin, Andik Wahyun. “Membangun Kesadaran Inklusif-Multikultural untuk

Deradikalisasi Pendidikan Islam”, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1 (2013)

Nasirudin, Akhlak Pendidik (Upaya Membentuk Kompetensi Spiritual Sosial), Semarang: Karya Abadi Jaya, (2002)

Nata, Abudin. “Islam Rahmatan li al-'Alamin sebagai Model Pendidikan Islam Memasuki Asean Community” (Kuliah Tamu Jurusan Pendidikan Agama

Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Malang, 7 Maret 2016)

Nur, Afrizal. dan Mukhlis, “Konsep Wasathiyah Dalam Al-Qur'an: (Studi Komparatif Antara Tafsir At-Tahrir Wa At-Tanwir Dan Aisar At-Tafsir)”,

Jurnal An-Nur, Vol. 4, No. 2 (2015)

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah Volume 5, Ciputat, Lentera Hati, (2010)

Shihab, M. Quraish. Wasathiyyah, Tagerang: PT. Lentera Hati, (2019)

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan

Umat, Jakarta: PT Mizan Pustaka, (2013)

Thabathaba'i, Muhammad Husain. Al-Mizan: An Exegesis of Qur'an Volume 2,

Ter. Ilyas Hasan, Jakarta: Lentera, (2010)

Yasid, Abu. Membangun Islam Tengah, Yogyakarta: Pustaka Pesantren, (2010)

Yunus, A Faiz. Radikalisme, “Liberalisme dan Terorisme:Pengaruhnya Terhadap

Agama”, dalam Jurnal Studi Al-Qur’an; Membangun Tradisi Berfikir

Qur’ani,Vol. 13, No. I, Tahun (2017).

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga

Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada, (2013)

Zuhairi Miswari, Al-Qur'an Kitab Toleransi: Inklusivisme, Pluralisme, dan

Multikulturalisme, Jakarta: Fitrah, (2007

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Ahmad Subyanto. “Implementasi Konsep Modrasi Beragama Melalui Pendidikan Islam”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 9, no. 1 (June 23, 2024): 73–83. Accessed May 30, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1532.