Pengaruh Media Pembelajaran Baamboozle terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI Di SMPIT Al-Ridwan

Authors

  • Andini Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iwan Hermawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nur Aini Farida Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1591

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara media pembelajaran baamboozle dengan minat belajar peserta didik di SMIPT Al-Ridwan Karawang. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan mei 2024. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental design  dan menggunakan model non equivalent control group design. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan bentuk skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berawal dari analisis dekskriptip, uji prasyarat dan uji t-test. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Variabel independen yaitu media pembelajaran baamboozle dengan minat belajar di SMPIT Al-Ridwan Karawang. Hasil perhitungan ini adalah dengan menggunakan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil perhitungan dari uji t-test diperoleh nilai t sebesar -11,286 dan df 28. Dari tabel distribusi t diperoleh nilai t 0,05 : 19 = 1,73. Karena t = -11,286 > -ttabel = 1,73 terlihat bahwa nilai sig 0,000 karena α = 0,05 > 0,000 dan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media baamboozle terhadap minat belajar peserta didik SMPIT Al-Ridwan Karawang.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran Baamboozle; Minat Belajar

References

Achmad, F. R., & Pramudiani, P. (2022). MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) KELAS IV SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2719

Ajak Rukajat. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach - Ajat Rukajat - Google Buku. In CV. Budi Utama.

Arafah, D. A., Asep Dudi Suhardini, & Arif Hakim. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Quiziz terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Akidah di SD Mathla’ul Khoeriyah. Bandung Conference Series: Islamic Education, 3(1), 87–93. https://doi.org/10.29313/bcsied.v3i1.5995

Azhar Arsyad. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azizah, B. Y., Hermawan, I., & Farida, N. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizizz Paper Mode dalam Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII SMP Islam Tarbiyyatul Falah Karawang. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 6(2), 281–300. https://doi.org/10.54396/saliha.v6i2.782

Bella Ramadhanty Putri. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-F SMP Negeri 92 Jakarta). Edukasi IPS, 3(2), 27–36. https://doi.org/10.21009/eips.003.2.05

Besare, S. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p018

Darmawan, R., & Aghni, R. I. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA [THE EFFECT OF USING BAAMBOOZLE LEARNING MEDIA ON IMPROVING STUDENT COLLABORATION SKILLS IN INSTITUTIONAL . Polyglot: Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.19166/pji.v20i1.6564

Fauzi, A., & dkk. (2022). Metodologi Penelitian. In Suparyanto dan Rosad (2015.

Iskandar, Sofyan; Rosmana, S Primanita; Agnia, Adela; Farhatunnisa, Gaida; Fireli, Pingkan; Safitri, R. (2022). Pengunaan Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar Sofyan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1707–1715. https://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/download/22951/pdf

Ivianti, E., & Slameto. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Project Based Learning. Jurnal Handayani (JH).

Iwan Hermawan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuatitatif dan Mixed. In Hidayatul Quran.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Khoerunnisa, N., Akil, & Abidin, J. (2022). Urgensi Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran).

Khoiro, D., & Samsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1).

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Kusyani, D., & Adelina Ray, S. (2023). Ghâncaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Special Edition: Lalonget IV Halaman: 463-480 GHÂNCARAN: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA Efektivitas Baamboozle terhadap Kemampuan Memahami Teks Cerita Rakyat Sumatera Utara pada Siswa. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11783

Mariani, S. D., Larasati, D. A., Prasetya, S. P., & Stiawan, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hybrid Learning Menggunakan Media Baamboozle Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 206–216. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/48607

May, B., L. Tobing, D. U. A., Ritonga, N. S., Jamaludin, J., & Yunita, S. (2024). Strategi Pembelajaran Kreativitas Media Bamboozle Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 62–69. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1504

Mentor, K. P. (n.d.). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF.

Miftah, M., Mahnun, N., Kulsum, S., Husnul, S., Budiyono, B., Hakim, L., Wahyuni, I., Susanti, & Zulfiana, A. (2018). Jenis Media Pembelajaran. In Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan.

Moh abdul fattah. (2023). Kebijakan Pengembangan Guru Di Era Society 5,0. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 161–171. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v2i3.62

Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Niko Reski. (2021). TINGKAT MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 11 KOTA SUNGAI PENUH. Jurnal Inovasi Penelitian.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 266–267.

Oktaviani, S., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.

Pito, A. H. (2018). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.59

Purnamasari, T. P, Bariah, O & Riana, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Puzzle dalam Membaca Huruf Hijaiyyah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling.

Sabri, M. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(1), 1991–2000. http://202.162.210.184/index.php/guau/article/view/391%0Ahttp://202.162.210.184/index.php/guau/article/download/391/362

Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2021). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487–497. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1845

Saud, S., Aeni, N., & Azizah, L. (2022). Leveraging Bamboozles and Quizziz to Engage EFL Students in Online Classes. International Journal of Language Education. https://doi.org/10.26858/ijole.v6i2.24301

Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN 1 GAMPING. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373

Shakespeare, W. (2017). 3 (2.3). The New Oxford Shakespeare: Critical Reference Edition, Vol. 1, 165–171. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00191509

Solehah, N. N., Saputra, H. H., & Setiwan, H. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 229–235. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.449

Sungkono. (n.d.). pemilihan dan penggunaan media dalam proses pembelajaran.

Suparlan, S. (2020). IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING “CLASS STORY.” NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.55681/nusra.v1i2.135

Tarihoran, E. (2019). GURU DALAM PENGAJARAN ABAD 21. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68

Trismayanti, S. (2020). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1045

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Andini, Iwan Hermawan, and Nur Aini Farida. “Pengaruh Media Pembelajaran Baamboozle Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran SKI Di SMPIT Al-Ridwan”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 9, no. 2 (December 3, 2024): 115–132. Accessed April 21, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1591.