Revitalization of Social Science Teaching in Junior High School to Increase Student Interest

Authors

  • nurazizah nurazizah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Nazwa Aulia Rahmah Universitar Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Niswa Ibda Sanatin Universitar Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Rekhael Ramadanish Universitar Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Wahyunengsih Universitar Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1611

Abstract

Revitalisasi merupakan suatu proses, cara, dan perbuatan menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya kurang terberdaya. Adanya artikel ini karena kurangnya minat pelajaran IPS dikalangan peserta didik. IPS juga selalu di nomor duakan karena dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan, dimana diperlukan sekali peranan seorang guru dalam mengelola metode pembelajaran karena guru sebagai peranan utama dalam hal meningkatkan minat peserta didik. Tujuan dibuatnya artikel ini adalah untuk meningkatkan kembali minat peserta didik pada pelajaran IPS dan membuktikan bahwa IPS bukan pelajaran yang membosankan juga dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpokir kritis pada peserta didik. Pada artikel ini peneliti menggunakan metode analisis dokumen, dimana peneliti melakukan perbandingan dengan beberapa dokumen, baik berupa jurnal maupun artikel. Artikel ini memberi tahu bahwa metode yang paling efektif digunakan dalam pembelajaram dan meningkatkan minat peserta didik adalah menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem-Based Learning (Creative Problem Solving / CPS) Kedua metode pembelajaran ini dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik karena metode ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memecahkan masalah yang terjadi sesuai dengan kemampuan dan keterampilan mereka  Revitalisasi ini diharapkan sebagai sebuah solusi untuk menghidupkan kembali pelajaran IPS di sekolah menengah pertama.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anda Juanda, Mahdi, T. N. (2019). REVITALISASI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEBERAGAMAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kurniaman, O., Noviana, E., & Dasar, S. (2013). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Universitas Riau |, 6, 389–396.

M, S. A. (2010). Revitalisasi Peran Pembelajaran IPS Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Cakrawala Pendidikan, 147–160.

Miftahuddin, M. (2016). Revitaslisasi IPS dalam Perspektif Global. Jurnal Pemikiran Keislaman, 27(2), 267–284. https://doi.org/10.33367/tribakti.v27i2.269

Wicaksana, A. (2016). Dampak revitalisasi yang terjadi menurut perspektif ekonomi Islam. Https://Medium.Com/, 2012–2021. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Zaky. (2017). ANALISIS KONTEN KURIKULUM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMPERSIAPKAN WARGA NEGARA GLOBAL Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. Universitas Pendidikan Indonesia, 69–77.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

nurazizah, nurazizah, Nazwa Aulia Rahmah, Niswa Ibda Sanatin, Rekhael Ramadanish, and Wahyunengsih. “Revitalization of Social Science Teaching in Junior High School to Increase Student Interest”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 9, no. 2 (December 3, 2024): 133–145. Accessed April 21, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1611.