Penanaman Pendidikan karakter melalui kajian Kitab Ta’lim al-Muta’allim

Authors

  • Masjudin Masjudin IAI Hamzanwadi NW Pancor
  • Khairuddin IAI Hamzanwadi Pancor

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1726

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bagaimana  penanaman  karakter  pada  santri-santriwati  dengan  belajar  kitab  klasik  yaitu  Ta’limul  Muta’alim  di  tengah  modernisasi  implemenasi  pendidikan  karakter  yang  di  lakukan  lembaga  pendidikan.Di  tengah  modernisasi  langkah-langkah  penanaman  karkter  santri-santriwati  itu  ternyata  pembelajaran  kitab  klasik  menjadi  satu  pilihan  yang  cukup  baik.  Metode  penelitian  menggunakan  penelitian  kualitatif  dan  data  dikumpulkan  dengan  metode  interview,  observasi  dan  dokumentasi  untuk  melakukan  pengamanan  terhadap  obyek  penelitian  dilapangan.Penelitian  dilaksanakan  pada  Madrasah  Aliyah  Hamzanwadi  NWDI  Pancor.Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penanaman  pendidikan  karakter  melalui  kitab  ta’limul  muta’alim  dilatarbelakangi  karena  kesadaran  bahwa  belajar  itu  bukan  hanya  meningkatkan  kemampuan  akademik  saja  namun  karakter  juga  sangat  perlu  di  perbaiki,  tujuan  belajar  adalah  mencari  ridha  Allah,  mengelola  diri  dari  hal  yang  tidak  baik  serta  mendapatkan  ilmu  yang  bermanfaat  yang  bisa  diamalkan  dan  dapat  menambah  pahala  bagi  pemilik  ilmu  terssebut,  metode  yang  di  gunakan  metode  klasik  dan  mengevaluasi  pembelajaran  secara  konsisten

References

Abuddin, Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendididikan Islam, Jakarta: Raja Garfindo Persada, 2003.

Agus, Waluyo, Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Az-Zarnuji dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak di Indonesia, Jurnal Tawadhu, Vol. 3, No. 2, 2019.

Agus. Wibowo, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah Konsep dan Praktik Implementasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Ali, Yafi, Kitab Kuning Produk Peradaban Pesantren, Jurnal KeIslaman, Vol. 6, No. 1, 1989.

Azizah, “Teori Belajar Behavioristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran”dalamhttp://azizahdreams.blogspot.co.id/2015/05/teori-belajar-behavioristik-dan.html diakses pada Tanggal 22 maret 2023.

Azuma Fela Sufa, Efektifitas Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Mahalli Brajan Wonokromo Pleret Bantul Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Literasi, Vol. 5, No. 2, 2014.

Bahrudin, Achmad Imam Az-Zarnuji, Kitab Terjemah Ta’limul Mutta’alim, Jakarta: Panduan Menuntut Ilmu Ala Pesantren, 2022.

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kulitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Djaali dan Puji Mulyono, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, (Jakarta: Grasindo, 2008).

Fatimah, Juraini, Pembinaan Akhlak terhadap Siswa dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 3, No. 2, 2018.

Ferry Bastian Malik, Media Pembelajaran Kitab Tijan Digital Berbasis Multimedia,Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol. 12, No. 1, 2019,

Haedani, Amin, Masa Depan Pesantren: dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global , Jakarta: IRD Press, 2004

Haidar, Putra, Daulay dkk, Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Thariq Al-Ta’allum Karya Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji, Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Vol. 1, No. 3, 2021,

Hakima Zakaria, Solusi Pembelajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim pada Problem Mendapatkan Keberkahan Ilmu, Prosding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, Vol. 2, ISSN 2622-9439, 2020.

Heri, Gunawan, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012.

Imam, Az-Zarnuji, Kitab Ta’lim al-Muta’allim, Kitab Terjemah dan Dilengkapi oleh Teks Arab Bersyakal.

Irvan, Hadzuki, “Pengertian dan Kandungan Kitab Ta’limul Muta’allim” dalam diakses tanggal 18 januari 2024.

Ja’far Amirudin, Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi dan Pesantren Modern dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca dan Memahami Kita Kuning, Jurnal Pendidikan, Vol. 14, No. 1, 2020.

Junaidi Arsyad, Metode Kisah dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Tarbiyah, Vol. 23, No. 2, 2016.

M. Athiyah, al-Abrasyi, Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Titian Illahi Press, 2010.

Maida, Raudhatinur, Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh.

A. Malik M. Thaha Tuanya, Modernisasi Pesantren, Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2007.

Masnur, Muslich, Pendidikan Karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Mawardi, Pembinaan Akhlak Menurut Syeikh Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al- Mutta’allim, Jurnal Rayah Al-Islam, Vol. 5, No. 1, 2021.

Moh. Afif, Evaluasi Pembelajaran Kitab Matan Taqrib Berbasis Psikomotorik di Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang, Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2, 2022.

Moh. Suardi, Belajar dan Pembelajaran, (Sleman: Katalog dalam Terbitan, 2018).

Muhammad, Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004, Cet. Ke 5.

Muliatul, Maghfiroh, Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Tahzib Al-Akhlak Karya Ibnu Muskawaih, Jurnal Tadris, Vol. 11, No. 2, 2016.

Muliatul, Maghfiroh, Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Tahzib Al-Akhlak Karya Ibnu Muskawaih, Jurnal Tadris, Vol. 11, No. 2, 2016.

Mulyadi, Hermanto Nasution, Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Ilmu- ilmu Sosial dan KeIslaman, Vol. 5, No. 1, 2020.

Mulyono, Strategi Pembelajaran: Menuju Efektifitas Pembelajaran di Abad Global, Malang: UIN Malang press, 2011.

Nuri Shabrina Putri Ardi, Manajemen Pembinaan Akhlak dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik, Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2019.

Nurul, Huda, Konsep Belajar dalam Kitab Ta’lim Mutta’alim, Semarang: Pusat Penelitian IAIN Walisongo, 2000.

Rahma Fatmawati, Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif, Journal Focus Action of Research, Vol. 1, No. 1, 2018.

Ridwan Wirabumi, Metode Pembelajaran Ceramah, Annual Conference on Islamic Education and Thought, Vol. 1, No. 1, 2020.

Rizqi Ilyasa Aghni, Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi, Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, Vol. 16, No. 1,

Saiful Bahari, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah, Jurnal Pendidikan Islam.

Siti Nur Azizeh, Metode Kisah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Bercerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Studi KeIslaman, Vol. 7, No. 1, 2021.

Suryadharma, Ali, Paradigma Pesantren: Memperluas Horizon Kajian dan Aksi, Malang: UIN Malang Press, 2013.

Susmanto, Menelusuri Jejak Pesantren, Yogyakarta: Alief Press,i 2004.

Sri, Wawancara, Lombok Timur, 2024.

Trisnawati Mohune, Pembelajaran Akhlak Siswa Studi Implementasi Ajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim , Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.5, No. 1, 2017.

UU Sistem Pendidikan Naional: UU RI No.20 Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.

Zelika Putri, dkk, Mengatasi Problematika Penurunan Kualitas Aqidah dan Akhlak pada Remaja: Webinar Islamic Wisdom dalam Pencarian Jati diri Pada Remaja, Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat,.

Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Bumi Aksara, 2009.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Masjudin, Masjudin, and Khairuddin. “Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Kajian Kitab Ta’lim Al-Muta’allim”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 9, no. 2 (December 3, 2024): 42–53. Accessed April 21, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1726.