Penanaman Pendidikan karakter melalui kajian Kitab Ta’lim al-Muta’allim
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1726Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter pada santri-santriwati dengan belajar kitab klasik yaitu Ta’limul Muta’alim di tengah modernisasi implemenasi pendidikan karakter yang di lakukan lembaga pendidikan.Di tengah modernisasi langkah-langkah penanaman karkter santri-santriwati itu ternyata pembelajaran kitab klasik menjadi satu pilihan yang cukup baik. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dan data dikumpulkan dengan metode interview, observasi dan dokumentasi untuk melakukan pengamanan terhadap obyek penelitian dilapangan.Penelitian dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Hamzanwadi NWDI Pancor.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman pendidikan karakter melalui kitab ta’limul muta’alim dilatarbelakangi karena kesadaran bahwa belajar itu bukan hanya meningkatkan kemampuan akademik saja namun karakter juga sangat perlu di perbaiki, tujuan belajar adalah mencari ridha Allah, mengelola diri dari hal yang tidak baik serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat yang bisa diamalkan dan dapat menambah pahala bagi pemilik ilmu terssebut, metode yang di gunakan metode klasik dan mengevaluasi pembelajaran secara konsisten
References
Abuddin, Nata, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Seri Kajian Filsafat Pendididikan Islam, Jakarta: Raja Garfindo Persada, 2003.
Agus, Waluyo, Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Az-Zarnuji dan Relevansinya dengan Pendidikan Akhlak di Indonesia, Jurnal Tawadhu, Vol. 3, No. 2, 2019.
Agus. Wibowo, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah Konsep dan Praktik Implementasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
Ali, Yafi, Kitab Kuning Produk Peradaban Pesantren, Jurnal KeIslaman, Vol. 6, No. 1, 1989.
Azizah, “Teori Belajar Behavioristik dan Penerapannya dalam Pembelajaran”dalamhttp://azizahdreams.blogspot.co.id/2015/05/teori-belajar-behavioristik-dan.html diakses pada Tanggal 22 maret 2023.
Azuma Fela Sufa, Efektifitas Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al-Mahalli Brajan Wonokromo Pleret Bantul Tahun Ajaran 2013/2014, Jurnal Literasi, Vol. 5, No. 2, 2014.
Bahrudin, Achmad Imam Az-Zarnuji, Kitab Terjemah Ta’limul Mutta’alim, Jakarta: Panduan Menuntut Ilmu Ala Pesantren, 2022.
Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kulitatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Djaali dan Puji Mulyono, Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, (Jakarta: Grasindo, 2008).
Fatimah, Juraini, Pembinaan Akhlak terhadap Siswa dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 3, No. 2, 2018.
Ferry Bastian Malik, Media Pembelajaran Kitab Tijan Digital Berbasis Multimedia,Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol. 12, No. 1, 2019,
Haedani, Amin, Masa Depan Pesantren: dalam Tantangan Modernitas dan Tantangan Komplesitas Global , Jakarta: IRD Press, 2004
Haidar, Putra, Daulay dkk, Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Thariq Al-Ta’allum Karya Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji, Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Vol. 1, No. 3, 2021,
Hakima Zakaria, Solusi Pembelajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim pada Problem Mendapatkan Keberkahan Ilmu, Prosding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, Vol. 2, ISSN 2622-9439, 2020.
Heri, Gunawan, Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2012.
Imam, Az-Zarnuji, Kitab Ta’lim al-Muta’allim, Kitab Terjemah dan Dilengkapi oleh Teks Arab Bersyakal.
Irvan, Hadzuki, “Pengertian dan Kandungan Kitab Ta’limul Muta’allim” dalam diakses tanggal 18 januari 2024.
Ja’far Amirudin, Implementasi Kurikulum Pesantren Salafi dan Pesantren Modern dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca dan Memahami Kita Kuning, Jurnal Pendidikan, Vol. 14, No. 1, 2020.
Junaidi Arsyad, Metode Kisah dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Tarbiyah, Vol. 23, No. 2, 2016.
M. Athiyah, al-Abrasyi, Beberapa Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Titian Illahi Press, 2010.
Maida, Raudhatinur, Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh.
A. Malik M. Thaha Tuanya, Modernisasi Pesantren, Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2007.
Masnur, Muslich, Pendidikan Karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Mawardi, Pembinaan Akhlak Menurut Syeikh Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al- Mutta’allim, Jurnal Rayah Al-Islam, Vol. 5, No. 1, 2021.
Moh. Afif, Evaluasi Pembelajaran Kitab Matan Taqrib Berbasis Psikomotorik di Pondok Pesantren Nazhatut Thullab Prajjan Camplong Sampang, Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2, 2022.
Moh. Suardi, Belajar dan Pembelajaran, (Sleman: Katalog dalam Terbitan, 2018).
Muhammad, Daud Ali, Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004, Cet. Ke 5.
Muliatul, Maghfiroh, Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Tahzib Al-Akhlak Karya Ibnu Muskawaih, Jurnal Tadris, Vol. 11, No. 2, 2016.
Muliatul, Maghfiroh, Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Tahzib Al-Akhlak Karya Ibnu Muskawaih, Jurnal Tadris, Vol. 11, No. 2, 2016.
Mulyadi, Hermanto Nasution, Metode Nasehat Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Ilmu- ilmu Sosial dan KeIslaman, Vol. 5, No. 1, 2020.
Mulyono, Strategi Pembelajaran: Menuju Efektifitas Pembelajaran di Abad Global, Malang: UIN Malang press, 2011.
Nuri Shabrina Putri Ardi, Manajemen Pembinaan Akhlak dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik, Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. 1, 2019.
Nurul, Huda, Konsep Belajar dalam Kitab Ta’lim Mutta’alim, Semarang: Pusat Penelitian IAIN Walisongo, 2000.
Rahma Fatmawati, Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif, Journal Focus Action of Research, Vol. 1, No. 1, 2018.
Ridwan Wirabumi, Metode Pembelajaran Ceramah, Annual Conference on Islamic Education and Thought, Vol. 1, No. 1, 2020.
Rizqi Ilyasa Aghni, Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi, Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, Vol. 16, No. 1,
Saiful Bahari, Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Sekolah, Jurnal Pendidikan Islam.
Siti Nur Azizeh, Metode Kisah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Bercerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Studi KeIslaman, Vol. 7, No. 1, 2021.
Suryadharma, Ali, Paradigma Pesantren: Memperluas Horizon Kajian dan Aksi, Malang: UIN Malang Press, 2013.
Susmanto, Menelusuri Jejak Pesantren, Yogyakarta: Alief Press,i 2004.
Sri, Wawancara, Lombok Timur, 2024.
Trisnawati Mohune, Pembelajaran Akhlak Siswa Studi Implementasi Ajaran Kitab Ta’lim al-Muta’allim , Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.5, No. 1, 2017.
UU Sistem Pendidikan Naional: UU RI No.20 Tahun 2003, Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
Zelika Putri, dkk, Mengatasi Problematika Penurunan Kualitas Aqidah dan Akhlak pada Remaja: Webinar Islamic Wisdom dalam Pencarian Jati diri Pada Remaja, Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat,.
Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Bumi Aksara, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Masjudin Masjudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.