Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Madrasah

Studi di Pondok Pesantren Unwanul Fallah Paok Lombok

Authors

  • Masrur Jiddan Institut Agama Islam Hamzanwadi Pancor
  • H Muhammad Imanuddin IAI Hamzanwadi Pancor

Abstract

Kepemimpinan tranformasional Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah Unwanul Falah Nahdlatul Wathan (NWDI) Paok Lombok

Penelitian ini mengungkapkan kepemimpinan kepala madrasah sebagai lembaga pendidikan suasta yang becirikan khas islam.penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang (1) Upaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Unwanul Falah NWDI Paok Lombok. (2) Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah

Informan utama dalam penelitian ini terdiri dari kepala madrasah wakil kepala madrasah di bidang humas, kesiswaan, Dan kurikulum data dikumpulkan menggunakan trianggulasi data, dengan menggunakan metode observasi, interivew dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model siklus interaktif yang dikemukakan oleh miles dan haberman dengan menggunakan catatan lapangan, reduksi data, dispalay data dan verifikasi data. Adapun keabsahan data diperoleh melalui teknik triaggulasi data dan sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan transformasional kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah aliyah unwanul falah NWDI Paok Lomok telah berusaha dilakukan dengan baik hal ini tidak terlepas dari kegiatan  kepemimpinannya baik dalam bidang personalia, kurikulum, kesiswaan, dan sarana prasarana(2) upaya peningkatan mutu dilakukan dengan menerapkan model kepemimpinan transpormatif yang berbasis pada visioner.

References

Syafaruddin, 2008, .Efektivitas Kebijakan Pendidikan, Konsep, Strategi dan Aplikasi Kebijakan Menuju Organisasi Sekolah Efektif, Rineka Cipta, Jakarta,

Ahmad Tafsir, 2008, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nizar Ali dan Ibi Syatibi, Manajemen Pendidikan Islam Ikhtiar Menata Kelembagaan Pendidikan Islam,

Amiruddin Siahaan, 2006, Manajemen Pengawas Pendidikan Ciputat Press Group: Quantum Teaching.

M. Sulthon dan Moh. Khusnuridlo, 2006, Manajemen Pondok Pesantren Dalam Perspektif Global LaksBang Press.

Wahjosumijo, 2006, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Hikayat Publising, Yogyakarta.

Nurkholis, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model, dan Aplikasi Grasindo, Jakarta.

Surya Darma, 2006, Standar Kompetensi Kepala Madrasah: TK,SD, SMP,SMA,SMK, dan SLB BP. Cipta Jaya, Jakarta.

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala madrasah Dalam Organisasi Pembelajar Learning Organization,

Dirawat, 1986, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya

Syahrillah, 2009, Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada MAN III Yogyakarta Analisis Kepemimpinan Pendidikan Tesis

Koontz, at.al. 1980, Managemen, Seventh Edition Kogakusha: Mc Graw-Hill,

Ibtisam Abu Duhou, 2002, School Based Managemen, Terj. Nuryamin Aini, Suparto dan Abas Al- Jauhari Ciputat: Logos Wacana Ilmu

Kartini Kartono, 2005, Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal itu Raja Grafindo Persada, Jakarta

Henry Pratt Fairchild, 1960, Dictionary of Sosiology and Related Sciences (New Jersey; Litlefield Adam & Co paterson,

Ahmad Darmaji Implementasi Total Quality Manajemen Dalam upaya Meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Yogyakarta.

E.Mulyasa, 2002, Manajemen Berbasis Sekolah, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Downloads

Published

2024-12-03

How to Cite

Masrur Jiddan, and H Muhammad Imanuddin. “Kepemimpinan Transformasional Kepala Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Madrasah: Studi Di Pondok Pesantren Unwanul Fallah Paok Lombok”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 9, no. 2 (December 3, 2024): 99–106. Accessed April 21, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/1802.