Studi Ma’ani Al–Hadis tentang Pendidikan Salat dan Penerapan Pukulan pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i2.1804Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui isi kandungan hadis dengan pemaknaan mendalam terhadap hadis perintah salat pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research). Sumber data primer adalah kitab Hadis Sunan at - Tirmidzi, Sumber data sekunder yang digunakan adalah buku-buku dan jurnal penelitian yang membahas tentang metode pemahaman hadis dalam ruang lingkup Ma’ani al - Hadis, kitab syarah hadis yang sifatnya sebagai pelengkap atau pendukung dari penelitian yang sedang berlangsung. Adapun teknis analisis data menggunakan metode analisis konten atau yang biasa disebut sebagai analisis isi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa yang dimaksud dengan studi Ma’ani al - Hadis tentang pendidikan salat dan penerapan pukulan pada anak adalah suatu hadis yang dapat dijadikan sebagai argumentasi hukum. Studi Ma’ani al – Hadis memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap hadis, sehingga memberikan makna yang sempurna agar tidak dipahami secara parsial. Hadis yang dibahas juga akan dilakukan pendekatan terhadap pendekatan terhadap linguistik, historis, konfirmatif, psikologis, dan pendidikan.
References
‘Abdurraḥῑm, ‘Abdurrahman bin Al-Mubārakfūrῑ, Tuḥat Al-Aḥwadzῑ Syarh Jāmi’ at-Tirmidzῑ (Bait al-Afkār ad-Dawliyyah)
Abdullah Nasih ’Ulwan, Tarbiyat Al-Aulad Fi Al-Islam (Dar al - Salam, 1893)
Abdurrahman, Jalaluddin As-Suyuti, Al-Lu’ma Fi Asbabil Wurud Al-Hadits (Dar al-Fikr)
Al-Haq, Abu Abdu Ar-Rahman Syarif, ‘Awun Al-Ma’Bud ‘ala Syarhi Sunan Abi Dawud (Dar Ibnu Hazm, 2005)
Al-Qasimi, Muhammad Jamaluddin., Qawaid Al-Hadis Min Funun Mustalah Al-Hadis (Dar al-Haya al-Kutub al-‘Arabiyyah, 1961)
Clark W.H., The Psychology of Religion (The Macmillan Company, 1958)
Duski Ibrahim, Metode Penetapan Hukum Islam: Membongkar Al-Istiqro’ Al-Ma’nawi Asy-Syatibi (Ar-Ruzz Media, 2008)
Fariadi, Ruslan, Metode Praktis Penelitian Hadis Panduan Bagi Pemula Untuk Mentakhrij Hadis Dan Menumbuhkan Nilai Universal Matan Hadis, ed. by Alan el-Farid, 1st edn (Yogyakarta: Mumtaz Publishing, 2017)
Hafidz, Nur, Abda Billah Faza Muhammadkan Bastian, and Hasyim Wibowo, ‘Pengenalan Rukun Islam Untuk Anak Dalam Hadis Di Era Digital’, Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3.1 (2022), pp. 77–90, doi:10.19105/kiddo.v3i1.5555
Jalaluddin, Psikologi Agama (PT Raja Grafindo Perkasa, 2003)
Khallaf, Abdul Wahhab, Ilmu Ushul Fiqh (Jakarta: Dar al-Kutub al-Islamiyyah, 2010)
Kirtawadi, Kirtawadi, ‘Kedudukan Al-Quran Dan Hadis Sebagai Dasar Pendidikan Islam’, JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2.2 (2023), pp. 204–19, doi:10.33507/pai.v2i2.1117
Mahamid, Mochammad Nginwanun Likullil, ‘Perjalanan Isra Mikraj Nabi Muhammad Dalam Pandangan Orientalis Dan Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam’, Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 8.1 (2023), p. 97, doi:10.29300/ttjksi.v8i1.5623
Mahmud At -Thahan, Taisir Mustalah Al-Hadis (Dar al-Fikr)
Mandzur, Ibnu, Lisan Al-’Arab (Dar al-Ma’arif)
Munawwir, Ahmad Warson, Al-Munawwir Kamus Arab – Indonesia (Pustaka Progresif, 1997)
Musṭafā al-Ghulāyanῑ, Jāmi‘ Ad-Durūs Al-‘Arabiyyah (Dār Ibn al-Jauzῑ, 2009)
Musṭofā Al-Gulāyanῑ, Jāmi’ Ad-Durūs Al-‘Arabiyyah (Dār Ibnu al-Jauzῑ, 2009)
Nuruddῑn ‘Itr, Manhaj An-Naqd (Dār al-Fikr, 1997)
Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia (Balai PN Pustaka, 1976)
Rahayu, Dania Riski, Yulianti Yulianti, Ade Elsa Fadillah, Ermida Lestari, Faradila Faradila, and Dewi Fitriana, ‘Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak’, Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4.2 (2023), pp. 887–92, doi:10.56667/dejournal.v4i2.1189
Rasyid Ridha, Fiqih Islam (At-Tahiriyyah, 1999)
Sayyid Sabiq, Fiqhu As-Sunnah (Dar al-Fath Lil‘ilami al-‘ArabI, 1990)
Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta (Rineka Cipta, 2006)
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan (PT Raja Grafindo Persada, 2010)
Suryani, Ira, Hasan Ma’tsum, Nora Santi, and Murali Manik, ‘Rukun Iman Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak’, Islam & Contemporary Issues, 1.1 (2021), pp. 45–52, doi:10.57251/ici.v1i1.7
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Iqbal, Nuril Huda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.