Manajemen Kurikulum MIS Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin Kota Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.37216/tarbawi.v10i1.2198Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MIS Hidayatul Insan menerapkan Kurikulum 2013 untuk kelas 2, 3, 5, dan 6 serta Kurikulum Merdeka untuk kelas 1 dan 4, sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan. Manajemen kurikulum dilaksanakan melalui tiga tahapan: (1) perencanaan, dengan pembentukan tim penjamin mutu dan penyusunan tujuan pengajaran; (2) pelaksanaan, dengan pengelolaan strategi pembelajaran dan kesesuaian materi; dan (3) evaluasi, melalui pengumpulan dan analisis bahan ajar. Implementasi kurikulum di lembaga pendidikan memerlukan manajemen yang efektif untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi proses manajemen kurikulum di MIS Hidayatul Insan Fii Ta'limiddin dan mengidentifikasi tantangan dalam implementasi kurikulum ganda. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menelaah hasil wawancara, mengidentifikasi pola, dan menyimpulkan temuan. penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di MIS Hidayatul Insan telah berjalan cukup efektif meskipun menghadapi berbagai tantangan, dengan rekomendasi untuk meningkatkan kapasitas guru dan mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam implementasi kurikulum.
References
Anshoriyah, Sofiyatul, Fatkhul Mu’awanah, Putri Jannah, Nurul Ayuni, Reimond Abidah, And Mikkael Hasangapan. “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di Ra Amal Shaleh Kabupaten Jember.” Jutekbidik : Jurnal Teknologi 1, No. 1 (2023): 128–137.
Gunawan, Mohamadd Gugun, M. Hidayat Ginanjar, And Heriyansyah. “Manajemen Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Cendikia Muda Islam Jurnal Ilmiah 02, No. 01 (2022): 59–72.
Kamarga, Hansiswany. “Peran Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum.” Inovasi Kurikulum 1, No. 1 (2021): 26–33.
Kulsum, Umi, Ali Munirom, Ahmad Sayuti, And Budi Waluyo. “Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Islam : Integrasi Ilmu Dunia Dan Akhirat” 03, No. 09 (2024): 22–33.
Purwanto, Rodi, Nur Ahyani, And Dessy Wardiah. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Mengembangkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi.” Jurnal Pendidikan Glasser 5, No. 1 (2021): 23.
Salehah, Annisa. “Manajemen Kearsipan Dalam Ketatausahaan Di Min 3 Pringsewu.” Manajemen Pendidikan Islam (2018): 1–114.
Sari, Maya Novita, Andri Kurniawan, Ayyesha Dara Fayola, Imam Nawawi, Kartin Aprianti, Abrudurohim, And Christa Vike Lotulung. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi, 2022.
Sekolah, Belajar Di, Siska Karlina Zuariah, Nanda Sumi Khoirany, Rindi Nurantika, And Safitri Nur Rahmani. “Tantangan Guru Dan Siswa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka” 2, No. 03 (2024): 172–179.
Anshoriyah, Sofiyatul, Fatkhul Mu’awanah, Putri Jannah, Nurul Ayuni, Reimond Abidah, And Mikkael Hasangapan. “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di Ra Amal Shaleh Kabupaten Jember.” Jutekbidik : Jurnal Teknologi 1, No. 1 (2023): 128–137.
Gunawan, Mohamadd Gugun, M. Hidayat Ginanjar, And Heriyansyah. “Manajemen Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Cendikia Muda Islam Jurnal Ilmiah 02, No. 01 (2022): 59–72.
Kamarga, Hansiswany. “Peran Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum.” Inovasi Kurikulum 1, No. 1 (2021): 26–33.
Kulsum, Umi, Ali Munirom, Ahmad Sayuti, And Budi Waluyo. “Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Islam : Integrasi Ilmu Dunia Dan Akhirat” 03, No. 09 (2024): 22–33.
Purwanto, Rodi, Nur Ahyani, And Dessy Wardiah. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Mengembangkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi.” Jurnal Pendidikan Glasser 5, No. 1 (2021): 23.
Salehah, Annisa. “Manajemen Kearsipan Dalam Ketatausahaan Di Min 3 Pringsewu.” Manajemen Pendidikan Islam (2018): 1–114.
Sari, Maya Novita, Andri Kurniawan, Ayyesha Dara Fayola, Imam Nawawi, Kartin Aprianti, Abrudurohim, And Christa Vike Lotulung. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi, 2022.
Sekolah, Belajar Di, Siska Karlina Zuariah, Nanda Sumi Khoirany, Rindi Nurantika, And Safitri Nur Rahmani. “Tantangan Guru Dan Siswa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka” 2, No. 03 (2024): 172–179.
Anshoriyah, Sofiyatul, Fatkhul Mu’awanah, Putri Jannah, Nurul Ayuni, Reimond Abidah, And Mikkael Hasangapan. “Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Di Ra Amal Shaleh Kabupaten Jember.” Jutekbidik : Jurnal Teknologi 1, No. 1 (2023): 128–137.
Gunawan, Mohamadd Gugun, M. Hidayat Ginanjar, And Heriyansyah. “Manajemen Strategi Pengembangan Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” Cendikia Muda Islam Jurnal Ilmiah 02, No. 01 (2022): 59–72.
Kamarga, Hansiswany. “Peran Sekolah Dalam Pengembangan Kurikulum.” Inovasi Kurikulum 1, No. 1 (2021): 26–33.
Kulsum, Umi, Ali Munirom, Ahmad Sayuti, And Budi Waluyo. “Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Islam : Integrasi Ilmu Dunia Dan Akhirat” 03, No. 09 (2024): 22–33.
Purwanto, Rodi, Nur Ahyani, And Dessy Wardiah. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Mengembangkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi.” Jurnal Pendidikan Glasser 5, No. 1 (2021): 23.
Salehah, Annisa. “Manajemen Kearsipan Dalam Ketatausahaan Di Min 3 Pringsewu.” Manajemen Pendidikan Islam (2018): 1–114.
Sari, Maya Novita, Andri Kurniawan, Ayyesha Dara Fayola, Imam Nawawi, Kartin Aprianti, Abrudurohim, And Christa Vike Lotulung. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi, 2022.
Sekolah, Belajar Di, Siska Karlina Zuariah, Nanda Sumi Khoirany, Rindi Nurantika, And Safitri Nur Rahmani. “Tantangan Guru Dan Siswa Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka” 2, No. 03 (2024): 172–179.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Noor Indah, Nurul Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.