Implementasi Program Shalat Dzuhur Berjamaah dalam Pembentukan Karakter di SMP Muhammadiyah 3 Samarinda

Authors

  • Asmaji Muchtar Universitas Islam Sultan Agung
  • Amanat Muhammad Farid Wajdi Universitas Islam Sultan Agung
  • Toha Makhsun Universitas Islam Sultan Agung

DOI:

https://doi.org/10.37216/tarbawi.v10i1.2217

Keywords:

Sholat Berjama’ah; Pembentukan Karakter; Kedisiplinan: Kebersamaan: Tanggungjawab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program shalat Dzuhur berjamaah dalam pembentukan karakter siswa di SMP Muhammadiyah 3 Kota Samarinda. Program shalat berjamaah merupakan salah satu upaya yang diterapkan untuk membentuk karakter siswa, terutama dalam aspek kedisiplinan, rasa tanggung jawab, dan rasa kebersamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, siswa, serta observasi langsung terhadap pelaksanaan program shalat berjamaah. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui sejauh mana program ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program shalat Dzuhur berjamaah di SMP Muhammadiyah 3 Kota Samarinda berperan penting dalam membentuk karakter siswa, terutama dalam meningkatkan kedisiplinan waktu, menguatkan rasa kebersamaan antar siswa, serta membentuk sikap saling peduli dan menghargai. Program ini juga mendapat dukungan positif dari pihak sekolah, guru, dan orang tua. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa program shalat berjamaah efektif dalam membentuk karakter siswa, khususnya dalam membangun nilai-nilai keagamaan dan moral yang baik di kalangan siswa SMP Muhammadiyah 3 Kota Samarinda.

 

References

Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305. https://doi.org/10.26858/pir.v3i2.14971

Amalia, T., Lasmi, F., Septiani, R., Putri, M. A., & Putri, Y. F. (2022). Parenting Islami Dan Kedudukan Anak Dalam Islam. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(02), 175–186. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.169

Azri, N. A. (2022). Banyaknya Kasus di Sekolah, Pendidikan Karakter Indonesia Dipertanyakan? Kompasiana. https://www.kompasiana.com/nindaauni20/6348dd4608a8b50b9a60ef72/banyaknya-kasus-di-sekolah-pendidikan-karakter-indonesia-dipertanyakan?utm_source=chatgpt.com

Chanfiudin, Lukman, Setiawan, R., & Saputra, I. W. (2024). Etika Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern. IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(3), 1–8. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i2.1337 Etika

Cresswel, J. (2013). Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. In Research design. http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:Research+design+-+Qualitative,+Quantitative,+and+mixed+methods+approaches#0

Dute, H., & Zaidir, Z. (2021). Pendidik Dalam Pendidikan Islam Pada Masyarakat. Jurnal Kajian Agama Hukum Dan Pendidikan Islam (KAHPI), 3(1), 34. https://doi.org/10.32493/kahpi.v3i1.p34-45.12952

Fahdini, A. M., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9390–9394. https://doi.org/10.62872/08pbgk95

Fajrussalam, H., Mulyani, A., Anisa, P. S., Sadiah, S. K., & Winengsih, W. (2022). Pengaruh Kepatuhan Melaksanakan Shalat Berjamaah terhadap Peningkatan Kedisiplinan dan Rasa Tanggung Jawab. Fondatia, 6(2), 346–356. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i2.1847

Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Kebudayaan. Kabilah, 1(1), 198–207.

Fuadi, H. (2024). Mengatasi Degradasi Moral Generasi Muda Melalui Pendidikan Moral Berkarakter. Krajan.Id. https://www.krajan.id/mengatasi-degradasi-moral-generasi-muda-melalui-pendidikan-moral-berkarakter/?utm_source=chatgpt.com

Gatra, S. (2024). Tantangan Mendesak Pendidikan Karakter di Era Gen Z. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2024/06/01/103000871/tantangan-mendesak-pendidikan-karakter-di-era-gen-z?utm_source=chatgpt.com

Husnullail, M., Risnita, Jailani, M. S., & Asbui. (2024). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Riset lmiah. Journal Genta Mulia, 15(0), 1–23.

Istiwadah, W. (2020). Implementasi Kegiatan Shalat Berjama’ah Dalam Menanamkan Karakter Religius Bagi Siswa di SMPN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. IAIN Ponorogo.

Kholqillah, R. K., Fahri, M., & Dewi, R. S. (2023). Implementasi Full Day School dalam Pembentukan Karakter Religius dan Disiplin Siswa Kelas VII SMP Islam Terpadu Al-Ittihad Ciampea Kabupaten Bogor. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(1), 148–156. https://doi.org/10.47467/tarbiatuna.v4i1.5007

Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan, 2(2), 38.

Mudzalifah, & Miyono, N. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP N 3 Boja. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 4354–4363.

Mulyasana, D. (2019). Konsep Etika Belajar Dalam Pemikiran Pendidikan Islam Klasik. Tajdid, 26(1), 100. https://doi.org/10.36667/tajdid.v26i1.319

Murtadlo, M. (2021). Indeks Karakter Siswa Menurun: Refleksi Pembelajaran Masa Pandemi. Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-karakter-siswa-menurun-refleksi-pembelajaran-masa-pandemi?utm_source=chatgpt.com

Nurjaman, I. (2025). Krisis Karakter Dunia Pendidikan Indonesia: Mencari Solusi Di Tengah Degradasi Moral. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/el_noorzeducation8549/680461d6c925c476330bd2f4/krisis-karakter-dunia-pendidikan-indonesia-mencari-solusi-di-tengah-degradasi-moral?utm_source=chatgpt.com#google_vignette

Putri, A., Yuliharti, Y., & Yanti, Y. (2021). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan. Kutubkhanah, 20(1), 19. https://doi.org/10.24014/kutubkhanah.v20i1.13341

Rahayu, P. S. (2024). Evaluasi Pembiasaan Sholat Dzuhur Berjama’ah di MTs Al-Ikhlas Sindangsari Cikaum. Tartib: Jurnal of Educational Management, 2(2), 75–81.

Ramli, N. (2022). Pendidikan Karakter Implementasi Pembelajaran IPS Menengah Pertama. In Mau’izhah (Vol. 11, Issue 1).

Rohman, H. F. (2024). Pendidikan Karakter di Indonesia dalam Krisis: Menggali Penyebab dan Solusi. Kumparan. https://kumparan.com/helga-fadillu-rohman/pendidikan-karakter-di-indonesia-dalam-krisis-menggali-penyebab-dan-solusi-23qMPUZIXpH?utm_source=chatgpt.com

Sahlan, A. (2012). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Kajian Penerapan Pendidikan Karakter di Lembaga Pendidikan Islam). Jurnal El-Hikmah, IX(2), 88–100.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Wahyudin, A. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Dzuhur Berjamaah Bagi Peserta Didik Madrasah Aliyah Nurul Hidayah Bojonegara. DESANTA: Indonesian Of Interdisciplinary Journal, 3(1), 268–273. https://jurnal.desantapublisher.com/index.php/desanta/issue/view/13

Yulia, H. (2020). Penanaman Nilai- Nilai Karakter Melalui Pendidikan. Seminar Nasional “Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Dan Pembelajaran,” 157–164.

Downloads

Published

2025-06-01

How to Cite

Muchtar, Asmaji, Amanat Muhammad Farid Wajdi, and Toha Makhsun. “Implementasi Program Shalat Dzuhur Berjamaah Dalam Pembentukan Karakter Di SMP Muhammadiyah 3 Samarinda”. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial 10, no. 1 (June 1, 2025): 171–183. Accessed June 7, 2025. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/2217.